Ketua Panitia Pelaksana MTQ Virtual Milenial Piala Paman Birin dan Uniska Tingkat SLTA/ Sederajat  Nasional 2020 Abdul Hafiz mengatakan, animo peserta sangat luar biasa mengikuti MTQ Virtual Milenial 2020 dan hingga saat ini sudah berjumlah 137 peserta, baik dari Kalimantan Selatan maupun luar Kalimantan Selatan.

“Peserta dari luar Kalimantan sangat antusia mengikuti MTQ ini karena pendaftaran gratis dan dilakukan secara online. Diperkirakan sampai 30 Juli 2020 lebih dari 300 peserta,”ujar Abdul Hafiz, di Banjarmasin, Sabtu (18/7).

Menurut dia, lomba yang dilaksanakan tersebut terbagi dua yakni, Tartil Qur’an dan Lomba Pidato Bahasa Indonesia.
Untuk persyaratan bagi peserta, sebut dia,  dengan menunjukan kartu pelajar dan rekomendasi dari sekolah ke panitia pelaksana.

“Bagi peserta yang sudah lulus sekolah tahun 2020 diperbolehkan ikut dengan persyaratan surat keterangan lulus dari sekolah,”ucapnya.

Untuk penilaian sendiri, jelas dia dilaksanakan dari tanggal 2 sampai 5 Agustus 2020 dan dari hasil penilaian itu nantinya akan diperoleh 40 finalis putra dan putri.

“Setelah 10 finalis Tartil Qur’an putra dan putra serta 10 finalis Lomba Pidato Bahasa Indonesia putra dan putri ditetapkan, maka pada babak final penilaian dilakukan dengan penampilan finalis di live zoom,”terangnya.

Dari finalis tartil Qur’an dan Pidato Bahasa Indonesia putra dan putri itu, jelas dia, ada 20 orang ditetapkan sebagai juara pertama, kedua, ketiga, juara harapan saru dan juara harapan dua serta juara terfavorit.

“Juara terfavorit dinilai dari like terbanyak insagram panitia, jadi semua video dikirim ke insagram panitia kami posting ke insagram Uniska,”paparnya.

Dia berharap, dari kegiatan tersebut terjaringnya calon mahasiswa Uniska yang memiliki bakat dibidang Al-Qur’an.

Kemudian, sambung dia, dengan kegiatan tersebut dapat mendekatkan kepada Al-Qur’an dan kegiatan islami Uniska mendapatkan keberkahan dan kemuliaan dari Allah SWT.

“Harapan kami juga kegiatan ini wabah pandemic COVID-19 dapat berakhir,”tandas dosen Uniska ini.

Terpisah, Wakil Rektor III Uniska H Idzani Muttaqien mengungkapkan, pelaksanaan MTQ Virtual Milenial Uniska 2020 salah satunya untuk memperkenalkan Uniska ke tingkat SMA sederajat.

“MTQ Milenial ini sebagai salah satu ajang promosi Uniska kepada calon mahasiswa. Rencananya se-Kalimantan, namun pendaftar ada dari luar Kalimantan,”ujar Idzani Muttaqien. 

Target perserta, sebut dia, hanya 100 peserta, namun hingga saat ini sudah ada 137 peserta yang mendaftarkan diri ke panitia.

“Bagi juara pertama Tartil Qur’an akan diberikan beasiswa, sedangkan Lomba Pidato Bahasa Indonesia masih dipelajari,”tandasnya.

 

Pewarta: Arianto

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020