Banjarbaru,  (AntaranewsKalsel) - Angka kelulusan Ujian Nasional (UN) siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, tahun ajaran 2013/2014 mencapai 100 persen.


Kepala Dinas Pendidikan Banjarbaru Ahmadi Arsyad, di Kota Banjarbaru Sabtu mengatakan, pihaknya sudah menerima hasil nilai UN tingkat SMP dan sederajat dari Disdik Kalsel.

"Hasilnya memuaskan karena seluruh peserta UN yakni 3.274 siswa lulus dengan nilai rata-rata yang cukup baik," ujarnya yang didampingi Kepala Bidang Pendidikan Dasar Edy Yuana.

Ia mengatakan, kelulusan yang mencapai hasil sempurna itu karena persiapan siswa menghadapi ujian lebih baik sehingga mereka mampu menjawab soal-soal ujian.

Padahal, kata dia, materi soal UN yang diakui sebagian besar siswa, lebih sulit dibanding tahun lalu namun bisa dijawab sehingga seluruh siswa lulus dengan hasil memuaskan.

"Banyak siswa yang mengatakan, materi soal ujian sulit. Namun mereka percaya diri dan bisa menjawab karena sudah mengikuti ujicoba sebelum UN dilaksanakan," ungkapnya.

Menurut dia, ujicoba yang ditujukan bagi siswa calon peserta UN minimal dilaksanakan tiga kali yakni dari Disdik Kalsel, Disdik Banjarbaru dan masing-masing sekolah.

"Bahkan ada sekolah melaksanakan ujicoba sebanyak tiga kali dan upaya itu bagus untuk mempersiapkan siswa menghadapi ujian. Terbukti hasilnya bagus karena semua lulus," ujarnya.

Sementara itu, kelulusan siswa Madrasah Tsanawiyah mencapai 99,75 persen karena dari seluruh peserta ujian sekolah agaman itu terdapat lima siswa yang tidak lulus.

Disebutkan, siswa MTs yang tidak lulus sebanyak lima orang itu terdiri dari dua siswa MTs Darul Ilmi, dua siswa MTs Nurul Maad dan satu siswa MTs Warasatul Fuqaha.

"Lima siswa dari tiga Madrasah yang tidak lulus karena nilai UN mereka tidak memenuhi standar sehingga mereka bisa mengulang atau ikut ujian paket B," kata Edy.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014