Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry menyerahan penghargaan berupa Piagam Bintang Satu Keamanan Pangan Kantin Sekolah (PBSKPKS) kepada SDN 1 Hamalau.

Kepala Dinas Pendidikan HSS Hj Siti Erma, di Kandangan, Selasa (14/7), mengatakan usaha yang telah diterapkan oleh SDN Hamalau 1 dalam mewujudkan pangan sehat berbuah manis dengan diterimanya piagam tersebut.

Baca juga: Bupati HSS serahkan bantuan pendidikan tahap pertama di wilayah Daha

"Piagam ini merupakan suatu penghargaan yang di berikan oleh Balai Besar POM kepada sekolah, yang telah mempunyai kantin dan menerapkan prinsip prinsip dasar keamanan pangan terutama terkait higienes dan sanitasi," katanya.

Kepala Sekolah SDN 1 Hamalau, H Muhammad Yusri, mengatakan mengatakan bukan sebuah piagam atau pengakuan dari Badan POM yang menjadi tujuan utama sekolahnya, namun lebih dari memberikan, menerapkan dan menjamin prinsip- prinsip keamanan pangan untuk peserta didik.

Dijelaskan dia, penghargaan ini bisa diperoleh karena menerapkan prinsip dasar keamanan pangan di kantin sekolah, awalnya dimulai dari ikut lomba sekolah sehat tingkat Kabupaten HSS.

Baca juga: Insentif daerah HSS Rp687,5 juta untuk ustadz-ustadzah dan mahasiswa berprestasi

Dan melalui proses penilaian SDN Hamalau 1 berhasil mendapatkan juara pertama, dan kemudian diikutkan kembali dalam ajang upaya penyediaan keamanan pangan kantin sekolah.

"Setelah melalui berbagai proses yang telah dilakukan oleh Balai Besar POM Banjarmasin, dari kegiatan intervensi, pendampingan, dan audit kantin serta evaluasi, maka akhirnya BPOM mengumumkan SDN Hamalau 1 meraih PBSKPKS,” katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020