Martapura, (Antaranews Kalsel) - Bupati Banjar, Kalimantan Selatan, Khairul Saleh melantik dan mengambil sumpah 125 kepala sekolah taman kanak-kanak dan sekolah dasar yang tersebar di kabupaten setempat.


Pelantikan ratusan kepala sekolah TK dan SD itu dilaksanakan di Mahligai Sultan Adam Martapura, Rabu, disaksikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Banjar Gusti Abidinsyah dan Kadis Pendidikan Gusti Ruspan Noor.

"Harapan kami, kepala sekolah yang baru dilantik mampu menjalankan tugas tambahan sebaik-baiknya sehingga sekolah yang dipimpin menghasilkan lulusan terbaik," pesan bupati di sela pelantikan.

Ia mengatakan, setiap guru termasuk kepala sekolah yang mendapat tugas tambahan sebagai pimpinan sekolah terikat janji sebagai pendidikan yang harus selalu siap mengabdi membagikan ilmu kepada anak-anak didiknya.

Selain itu, jabatan yang diamanahkan juga harus dijalankan dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab karena berpengaruh terhadap kemajuan maupun prestasi yang diciptakan setiap elemen sekolah.

"Kualitas pribadi dan pengetahuan kepala sekolah termasuk guru-guru juga harus ditingkatkan sehingga bisa memberi ilmu dan pengetahuan kepada anak didiknya sesuai perkembangan dan pengetahuan terbaru," ungkapnya.

Menurut dia, selain peningkatan kualitas pribadi, kepala sekolah juga dituntut meningkatkan keterampilan sesuai kompetensi termasuk mengembangkan manajerial atau kepemimpinan, dan kepedulian sosial.

"Keterampilan yang dimiliki harus ditingkatkan sesuai kompetensi dan diimbangi dengan pengembangan jiwa manajerial serta kepedulian sosial sehingga lingkungan sekolah menjadi baik dan dinamis," kata dia.

Dikatakan, Pemkab Banjar terus berupaya mewujudkan visi menjadi daerah yang sejahtera, mandiri dan Islami sehingga seluruh pihak termasuk tenaga pendidik diminta berperan mewujudkan visi tersebut.

  "Peran tenaga pendidik atau guru dalam mewujudkan visi sangat besar karena melalui ilmu dan pengetahuan dapat meningkatkan kualitas pendidikan yang selaras dengan visi tersebut," katanya.   

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014