Kalangan DPRD Kabupaten Kotabaru mengapresiasi seluruh pihak yang tergabung Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 terutama petugas medis dalam penanganan wabah virus corona di daerah, yang kini tingkat kesembuhan pasien mencapai 75 persen.

"Kami (legislatif) sangat mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam penanganan pandemi COVID-19, baik unsur Forkopimda, TNI-Polri, para tenaga kesehatan dan masyarakat semuanya bersinergis dalam mengatasi wabah ini," kata Ketua DPRD Kotabaru, Syairi Mukhlis, Kamis.

Menurutnya, tingginya tingkat kesembuhan para pasien COVID-19 baik dalam perawatan dan karantina di Rumah Sakit Kotabaru hingga 75 persen, merupakan bentuk keseriusan semua pihak.

Seperti Tim Gugus Tugas yang tanpa lelah terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dalam membiasakan pola hidup dan lingkungan yang sehat sebagaimana himbauan pemerintah berupa protokol kesehatan.

Begitu juga dengan para tenaga medis, sebagai garda terdepan dalam penanganan pasien COVID-19 harus berjibaku melayani dan merawat para pasien dengan pertaruhan jiwa mereka.

Dan tentunya peran masyarakat dengan kedisiplinan daam mengikuti protokol kesehatan sebagaimana himbauan pemerintah, mulai dengan pembiasaan hidup sehat seperti cuci tangan dengan sabun dan air mengali setiap usai kegiatan, selalu mengenakan masker setiap keluar rumah dan mengikuti pola hidup sehat.

"Meski demikian, perlu diketahui semua pihak bahwa pandemi COVID-19 masih belum berakhir, untuk itu kita tetap menghimbau agar selalu waspada dan disiplin mengikuti protokol kesehatan," harap Syairi.

Lebih lanjut politisi PDIP ini menghimbau agar setiap desa secara mandiri mengikuti program Kampung Tangguh Banua yang digagas Polri dalam membantu pemerintah memutus mata rantai COVID-19 sebagaimana yang sudah dicanangkan pemkab Kotabaru.

Diketahui, tingkat kesembuhan pasien COVID-19 di Kabupaten Kotabaru relatif tinggi hingga 75 persen, dari total 72 pasien terkonfirmasi positif, 54 diantaranya dinyatakan sembuh dan dibolehkan pulang dari karantina Rumah Sakit Stagen.

Dalam pekan ini, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kabupaten Kotabaru mengumumkan perkembangan terbaru, ada penambahan pasien sembuh dari paparan virus corona sebanyak 17 orang.

Secara keseluruhan jumlah kasus terkonfirmasi Positif COVID-19 di Kabupaten Kotabaru ada 72 kasus, 54 orang dinyatakan sembuh dan 16 orang dalam perawatan serta dua orang meniggal.

Pewarta: M. Shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020