Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN) Kota Banjarmasin H Harry Wijaya mengakui mendukung duet bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin, H Haris Makkie dan H Yuni Abdi Sulaiman HB pada Pilkada tahun 2020.

Menurut dia di Banjarmasin, Jumat, dukungan tersebut baru berbentuk lisan untuk menyelaraskan keputusan yang sudah disampaikan pimpinan di Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Kalsel.

"Ini kita bicaranya atas nama wilayah, ketua DPW kami memang sudah ada komitmen dengan pihak bakal pasangan calon tersebut, tetapi secara mekanisme belum ada masuk ke DPD PAN Banjarmasin," tuturnya.

Harry mengharapkan adanya komunikasi intens DPD PAN Kota Banjarmasin dengan pasangan Haris-Yuni, meski pun keduanya sudah mendapat restu di DPW PAN Kalsel.

"Memang dengan DPW pasangan ini sudah ada komunikasi, dengan DPD juga harusnya ada lah," tuturnya.

Hal ini sebagai langkah ke depannya untuk menjalin peran DPD dalam memenangkan duet tersebut pada Pilkada yang rencananya dihelat pada 9 Desember 2020.

"Peran serta dan kinerja kita bagaimana kan terhadap mereka," ujar Harry.

Dia memastikan dengan adanya dukungan terhadap duet ini, PAN tidak mengusung kader di Pilkada Banjarmasin, meskipun bisa secara mandiri atau tanpa koalisi mengusung kader di Pilkada 2020 ini, karena memiliki 9 kursi di dewan kota atau pemenang pemilihan legislatif tahun 2019.

"Tapi namanya politik itukan dinamis, tapi mudah-mudahan sesuai jalurnya ini," katanya.

Pasangan H Haris Makkie dan H Yuni Abdi Sulaiman HB juga didukung partai Golkar Kalsel, sebagaimana yang sudah dinyatakan Ketua Harian DPD Partai Golkar Kalsel H Supian HK, bahwa DPD Kalsel hanya mengajukan dua nama itu ke DPP Golkar untuk Pilkada 2020 di Banjarmasin.

H Haris Makkie adalah Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan dan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Kalsel, sedangkan H Yuni Abdi Sulaiman HB adalah petinggi partai Golkar Kalsel, juga Ketua Umum Kerukunan Keluarga Bakumpai (KKB).

Kader Golkar juga ada yang menyatakan ingin maju di Pilkada Kota Banjarmasin pada 2020, bahkan baliho perkenalan sudah menyebar ke mana-mana, yakni Ketua DPD Golkar Kota Banjarmasin yang saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin Hj Ananda.

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020