Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Prof Dr H Sutarto Hadi membentuk Tim Pakar untuk membantu percepatan penanganan COVID-19 di Kalimantan Selatan.

"Ini bentuk kontribusi nyata ULM yang terus memberikan perhatian dengan segala daya upaya membantu pemerintah daerah melalui Gugus Tugas menangani penyebaran COVID-19 yang terus meluas," terang Sutarto di Banjarmasin, Jumat.

Ada 12 orang akademisi yang ditunjuk Sutarto masuk dalam Tim Pakar COVID-19. Mereka adalah para dosen yang berlatar belakang bidang keilmuan berbeda dari sejumlah fakultas di ULM.

Dimotori Ketua Gugus Tugas Penanganan COVID-19 ULM dr. H. Iwan Aflanie, Tim Pakar ULM ditugaskan fokus dalam memberikan masukan kepada pemda atau Gugus Tugas Provinsi ataupun kabupaten dan kota di Kalsel.

"Jadi penyebaran COVID-19 yang melonjak signifikan ini terus dikaji oleh teman-teman dalam Tim Pakar agar dapat secepatnya bisa diatasi. Selain dari sisi kesehatan, aspek sosial ekonomi juga dikaji sehingga dampak dari pandemi ini tidak semakin buruk mengganggu tatanan kehidupan masyarakat," jelas Sutarto.
Anggota Tim Pakar ULM Hidayatullah Muttaqin. (ANTARA/Humasulm)


Sementara salah satu anggota Tim Pakar ULM Hidayatullah Muttaqin mengatakan, permasalahan strategi penanganan jadi perhatian pihaknya. 

Dia mencontohkan Jawa Barat, yang terlihat cukup berhasil meredam laju penyebaran kasus COVID-19 saat ini. Hal itu tidak terlepas dari kebijakan pemda setempat yang mengkaji dari sisi ilmu pengetahuan melibatkan para pakar  akademisi.

"Memutus rantai penyebaran COVID-19 memang harus dilakukan upaya bersama secara masif. Termasuk masyarakat itu sendiri yang punya peran sentral mematuhi protokol kesehatan agar tidak mudah terpapar dan memaparkan," tandas dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis ULM itu.

ULM melalui Gugus Tugas Penanganan COVID-19 telah mengerahkan kekuatan penuh dalam membantu perawatan pasien di sejumlah rumah sakit di Kalimantan Selatan.

Para dokter spesialis dari enam program studi di Fakultas Kedokteran ULM bertugas di sejumlah rumah sakit rujukan COVID-19.

Atas perintah Rektor ULM Prof Dr H Sutarto Hadi, pembentukan Gugus Tugas sendiri sebagai wujud kontribusi nyata ULM dalam membantu penanganan COVID-19 di Bumi Lambung Mangkurat.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020