Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) kembali melaksanakan penyerahan bantuan untuk peningkatan mutu pendidikan di lima Kecamatan, yakni Kecamatan Sungai Raya, Simpur, Kalumpang, Telaga Langsat, dan Angkinang.

Kepala Dinas Pendidikan HSS, Hj Siti Erma, di Hamalau, Kamis (2/7),  mengatakan hari ini kembalii diserahkan bantuan untuk tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan juga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

"Maksud dan tujuan diadakan kegiatan ini untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya untuk jenjang PAUD, SD, dan SMP di HSS sesuai dengan visi misi Kabupaten HSS yaitu Cerdas, Inovatif, Teknologis, dan Agamis (CINTA), " katanya, dalam laporan, bertempat di SDN 1 Hamalau, Sungai Raya.

Dijelaskan dia, rincian pemberian bantuan yang diserahkan, antaralain BOP PAUD tahap I sebesar Rp686.400.000,-, BOP Kesetaraan sebesar Rp628.800.000,-, bantuan alat tulis peserta didik kesetaraan 384 paket dengan total dana Rp39.360.000,-.

Baca juga: Tahun ajaran baru di tengah pandemi, Disdik HSS siapkan protokol kesehatan

Bantuan DAK TK sebesar Rp177.100.000,-, DAK SD sebesar Rp1.187.373.600,-, rehabilitasi jenjang SD dengan total dana Rp705.000.000,-, Meubeler sebanyak 37 buah meja dan kursi untuk guru SD dengan total dana Rp27.750.000,-.

DAK SMP sebesar Rp418.945.200,-, rehabilitasi jenjang SMP dengan total dana Rp194.600.000,-, bantuan meubeler sebanyak 75 buah dan kursi untuk guru SMP dengan total dana Rp56.250.000,-.

Kegiatan penyerahan bantuan dirangkai dengan penandatanganan nota kesepahaman Dana Alokasi Khusus (DAK), Berita Acara Serah Terima (BAST), dan penyerahan bantuan jenjang TK, SD dan SMP.

Bupati HSS menandatangani MoU DAK jenjang TK, SD dan SMP, dilanjutkan dengan Sekretaris Daerah H Muhammad Noor menandatangani BAST bantuan jenjang TK, SD dan SMP.

Kemudian, bupati didampingi Wakil Bupati Syamsuri Arsyad, dan sekda menyerahkan secara simbolis Bantuan Operasional Penyelenggaraan (BOP), bantuan meubeler guru jenjang PAUD, SD, dan SMP, serta peralatan sekolah.

Baca juga: Bantuan peningkatan mutu pendidikan Loksado dan Padang Batung diserahkan

Bupati HSS H. Achmad Fikry, mengatakan penyerahan dana pemerintah untuk semua jenjang pendidikan dari PAUD sampai SMP, baik yang bersumber dari dana DAK maupun dana operasional sekolah.

"Mudah-mudahan dana yang diserahkan hari ini bisa segera dimanfaatkan dan bisa bermanfaat untuk kelancaran proses pendidikan, dan semoga dana pemerintah dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," katanya.

Menurut dia, sambil menunggu hingga boleh belajar tatap muka, mulai sekarang persiapan sekolah yaitu mempersiapkan tempat cuci tangan pakai sabun dan lainnya, sesuai penerapan protokol kesehatan di bidang pendidikan.

Termasuk menghitung jumlah murid, apakah jumlah murid yang ada ini masih cukup kelas yang ada, karena meja nya sekarang harus ada jarak di antara siswa-siswa, serta yang paling penting adalah bagaimana mengawal anak didik agar mereka bisa mematuhi protokol kesehatan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020