Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry menghadiri syukuran atas beroperasinya Instalasi Pengolahan Air (IPA)berkapasitas 50 liter per detik Unit Instalasi Kota Kecamatan (IKK) Sungai Raya, Perusahaan Daerah Air Minum(PDAM) Kabupaten HSS, di Desa Paharuangan, Kecamatan Sungai Raya.

Ia mengatakan,  air dari sumber yang digunakan IPA ini sudah cukup bersih, sehingga biaya produksinya berkurang, sementara kalau dari unit Muara Banta, karena pengambilan sumbernya dari Sungai Amandit yang keruh maka biaya produksi atau mentreat airnya pasti lebih tinggi.

"Mudah-mudahan ini menjadi bagian dari upaya kita untuk memberikan pelayanan air bersih kepada pelanggan PDAM di Kabupaten HSS serta tidak mustahil dengan adanya IPA Unit Sungai Raya ini kita memperluas jaringan distribusi ke wilayah Kabupaten Tapin," katanya, Kamis (2/7) pagi.

Baca juga: 30 ribu masker dibagikan gratis untuk pelanggan PDAM HSS

Dijelaskan dia, perluasan jaringan ini mengingat wilayah Kecamatan Sungai Raya ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Tapin, dan kapasitas IPA ini sebenarnya adalah 300 liter perdetik.

Namun yang baru digunakan hanya 50 liter perdetik, dengan adanya penguatan ke depannya, diharapkan distribusi air untuk wilayah Kandangan juga akan berasal dari unit ini.

Syukuran dilaksanakan karena telah beroperasinya IPA  Unit IKK Sungai Raya ini,  dan sumber air dari IPA ini berasal langsung dari Bendungan Amandit dan penggunaannya telah mendapatkan izin dari Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan Selatan dan Tengah (Kalselteng).

"Pembangunan IPA Unit Sungai Raya ini berasal dari APBD, dan DAK, serta yang paling banyak pembangunan ini berasal dari bantuan BWS," katanya.

Selain memberikan izin untuk menggunakan bendungan Amandit sebagai sumber air, BWS juga menyediakan pipa dan pemasangannya dari sumber air hingga ke instalasi ini.

Baca juga: Hasil laboraturium, air PDAM HSS masih layak konsumsi

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada BWS Kalselteng yang sudah memberikan izin untuk menggunakan bendungan Amandit untuk sumber air, serta memberikan bantuan dalam proses pemasangan pipa dari sumber air hingga ke penampungan air di IPA Unit Sungai Raya.

Syukuran dimulai dengan pemotongan pita, pengoperasian mesin pompa distribusi pelanggan, peninjauan unit pengolahan atau treatment air, serta pemotongan tumpeng oleh Bupati HSS.

Turut hadir, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Sekretaris Daerah H Muhammad Noor, Camat Sungai Raya Susilo Adianto, dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan Sungai Raya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020