Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry, menyampaikan hingga saat ini yang terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 60 orang, 44 orang di antaranya dalam perawatan, 10 orang dinyatakan sembuh, enam orang meninggal dunia.

Ia mengatakan, ini sudah menyebar hampir ke seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten HSS yang memiliki sebelas kecamatan, kecuali satu kecamatan yakni Kecamatan Loksado yang masih nol kasus terkonfirmasi positif.

"Mengingat COVID-19 ini belum ada vaksin dan obatnya, langkah terbaik saat ini adalah dengan mengantisipasi penyebarannya, yakni dengan mamatuhi protokol kesehatan COVID-19," katanya, saat memberi arahan dalam silaturrahmi bersama pimpinan pondok dan majelis ta'lim, Rabu (24/6).

Baca juga: Terapkan perbup, langgar protokol kesehatan di HSS akan ditindak tegas

Dijelaskan dia, protokol kesehatan tersebut seperti menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, hindari kerumuman serta untuk sementara hindari kontak fisik seperti berjabat tangan.

Sejak 5 Maret 2020 lalu, Pemkab HSS sudah melaksanakan berbagai langkah-langkah preventif mengantisipasi penyebaran COVID-19, termasuk mensosialisasikan protokol kesehatan.

Namun hingga saat ini angka pasien yang terkonfirmasi positif dapat dipastikan akan terus naik, mengingat 117 tes swab masih belum keluar hasilnya. Tidak hanya sampai disitu, bila hasil test positif, maka akan kembali kita laksanakan tracing (deteksi) dan tracking (pelacakan).

Baca juga: PDP HSS bertambah jadi sembilan, satu diantaranya di rawat di RSUD Barabai

"Hal itu dilakukan melacak di mana alamatnya, siapa anggota keluarganya bahkan akan pula menelusuri siapa saja yang memiliki kontak langsung dengan pasien tersebut, dan tentunya berpotensi menambah kembali jumlah orang yang positif COVID-19," katanya.

Berdasarkan data gugus tugas COVID-19 HSS, dari total 60 kasus terkonfirmasi tersebut antaralain, Kecamatan Kandangan dan Daha Utara tertinggi dengan masing-masing ada 13 kasus positif COVID-19.

Kecamatan Simpur ada sembilan kasus, Kecamatan Sungai Raya enam kasus, Kecamatan Angkinang lima kasus, sementara Kecamatan Daha Selatan, Daha Barat dan Kalumpang masing-masing empat,  Kecamatan Telaga Langsat dan Padang Batung masing-masih satu kasus.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020