Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) Berry Nahdian Forqan memimpin langsung apel gelar pasukan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Tahun 2020 di halaman Kantor Satpas polres HST Kecamatan Batu Benawa Kamis (18/6).

Apel dihadiri Forkopimda, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Polres HST, Kodim 1002 Barabai dan Tagana Dinas Sosial, peserta apel lainnya.

Apel siaga diawali dengan pemeriksaan kesiapan kelengkapan, peralatan dan perangkat pendukung kebakaran hutan dan lahan, mulai dari kendaraan roda dua, kendaraan roda empat maupun kendaraan jenis lain yang dimiliki masing-masing pihak terkait dalam melakukan penanganan bencana kebakaran hutan dan lahan.

Pemeriksaan itu dilakukan oleh Wabup diikuti para pimpinan lembaga unsur Forkopimda HST untuk memastikan semua peralatan kondisi siap pakai.

Wabup mengatakan, kebakaran hutan dan lahan telah terjadi di beberapa wilayah di Indonesia dan menjadi perhatian serius publik nasional maupun internasional.

Masalah karhutla ini, sebutnya menjadi perhatian bersama, mengingat saat ini sudah memasuki musim kemarau, sehingga harus mewaspadai dan melakukan kesiapsiagaan dan deteksi dini terhadap titik panas (Hot Spot).

"Kita harus meningkatkan kesiapsiagaan, agar jangan sampai terjadi kebakaran hutan dan lahan terjadi di wilayah kabupaten HST," katanya pada apel karhutla.

Kalau karhutla terjadi, akan merugikan materi dan nonmateri yang cukup besar, seperti gangguan kesehatan (ISPA), kerusakan ekosistem dan terganggu kegiatan proses belajar dan mengajar dan Perekonomian.

Karena itu, Ia mengajak optimalisasi pencegahan karhutla, kepada seluruh pihak baik pe­me­rintah maupun swasta dan ma­sya­rakat agar secara bersama-sama dapat bekerja lebih keras, cerdas dan tuntas.

Yaitu melakukan kegiatan pemadaman, patroli dan mensosialisasikan seruan atau larangan kepada seluruh masyarakat untuk tidak membakar hutan dan lahan serta upaya lain yang produktif dan dapat mengurangi serta mencegah terjadinya pembakaran hutan dan lahan.

Dalam kegiatan ini juga diisi dengan penandatangan maklumat oleh Wabup, Kapolres HST dan Dandim 1002.

Acara dirangkai dengan penanaman pohon glodokan tiang di halaman Asrama Polres HST di Kecamatan Batu Benawa sebanyak 80 pohon.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020