Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) bersama Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) HSS TGH M Ridwan Baseri dan TGH Syairazi secara resmi meletakkan batu pertama pembangunan Mesjid Islamic Center, yang berlokasi sekitar tugu dua Desember, Desa Hamalau, Kecamatan Sungai Raya. 

Ia mengatakan, hari ini Kamis (18/6) pagi melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan Mesjid di Komplek Islamic Center, dan Insya Allah tahun ini akan mulai dibangun serta ditargetkan bisa tahun 2021 atau paling lambat tahun 2022.

"Penganggaran pembangunan Islamic Center memang masuk di APBD tahun 2018-2023, namun adanya pergeseran anggaran karena kendala pandemi COVID-19, sehingga diawali sebatas pemasangan tiang pancang dulu," katanya, dalam keterangan.

 


Baca juga: Bupati : Pembangunan Islamic Center libatkan tiga pihak

Dijelaskan dia, tahun depan direncanakan anggaran pembangunan bisa lebih besar lagi dan agar pembangunan bisa terselesaikan, dan apabila terselesaikan maka fasilatas di Komplek Islamic Center akan lengkap, termasuk ada gedung serba guna dan lainnya..

Lokasi pembangunan Islamic Center ini sebelumnya untuk kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS namun dialihkan untuk Islamic Center, dan diharapkan nantinya dimanfaatkan untuk syiar agama Islam dan pengajian-pengajian keagamaaan.

Ada banyak tiang pancang yang akan dipasang, dan konsepnya direncanakan dengan wisata religi, dari Islamic Center akan dibangun jalan terus ke Kapuh dan keluarnya di Mesjid Baangkat, Simpur, sehingga tumbuh perekonomian masyarakat termasuk para penjual souvenir.

Baca juga: HSS bangun islamic center ramah difabel Rp143 miliar

"Jadi ini baru pemasangan tiang pancang, dan kami mengajak andil semua pihak dalam pembangunan Komplek Islamic Center, karena di sini nanti ada mesjid, taman, payung terbuka dan lainnya, merupakan kebanggaan kita bersama," katanya.

Ditambahkan dia, andil dan peran serta pembangunan tersebut bisa dari masyarakat, para Agniya yang punya harta agar pembangunan Islamic Center dapat cepat rampung dapat dimanfaatkan untuk kepentingan syiar agama.

Turut hadir, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Sekretaris Daerah H Muhammad Noor beserta unsur Forkopimda HSS, para kepala skpd terkait serta jajaran Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020