Sekretaris Daerah (Sekda) Hulu Sungai Selatan (HSS) HM Noor bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD) serta DPRD HSS mengadakan rapat dana refocusing anggaran penanganan COVID-19 di Kabupaten HSS, bertempat di gedung DPRD setempat.

Ia mengatakan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brigjend H. Hasan Basry Kandangan telah mendapatkan bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) berupa alat Tes Cepat Molekuler (TCR) untuk pengetesan COVID-19.

Baca juga: Anggota DPRD Kalsel : Penutupan sementara IGD RSUD Kandangan sudah tepat

“Ini fungsinya sama dengan Polymerase Chain Reaction (PCR), dan mulai hari Selasa (17/6) akan dioperasionalkan untuk mendukung pemeriksaan laboratorium pasien-pasien kita, dan ini merupakan hibah dari Pemprov,” katanya, saat memberikan keterangan usai rapat.

Sementara itu, Wakil Ketua II HM.Kusasi mengatakan rapat ini merupakan rapat bersama Tim Badan Anggaran Daerah, terkait pembahasan kelengkapan alat-alat penanganan COVID-19.

Tujuan rapat untuk mengetahui sejauh mana hasil refocusing dana APBD Kabupaten HSS yang diperuntukan dalam penanganan Virus COVID-19,  dan menjadi salah satunya tupoksinya DPRD dalam hal pengawasan.

Baca juga: Hasil rapid test anggota semua nonreaktif, DPRD HSS kunker ke Kaltim

DPRD berhak untuk melakukan pengawasan, dan dalam kesimpulannya oleh pihak pemerintah daerah itu secara umum sudah terjawab, bahwa tadi ada gambaran-gambaran dana yang sudah dipakai dan ada tersisa jadi pengawasan DPRD itu bisa secara detail.

Rapat tersebut dipimpin Wakil Ketua I DPRD Rudi Maulidi serta dihadiri para anggota DPRD HSS, turut dihadiri Asisten Administrasi Pemerintahan Setda HSS Efran, Kepala Bapelitbangda HSS M. Arliyan Syahrial, dan Kepala Satpol PP dan Damkar H. Iwan Friady.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020