Camat Daha Selatan Nafarin melalui Kepala Seksi Ketertiban Umum (Kasi Tibum) Kecamatan Daha Selatan, Ifan Syah, menyampaikan  protokol kesehatan, jaga jarak shaf dengan pola silang catur dalam pelaksanaan Shalat Jum'at di masjid  Daha Selatan mulai diterapkan.

Ia mengatakan, pola silang catur seperti papan catur, ada isi dan kosong, dan ide penerapan pola ini berdasarkan arahan Gugus Tugas COVID-19 HSS, maka relawan COVID-19 di desa setempat memberikan tanda silang, garis miring ataupun tambah.

"Setiap jemaah yang akan mengikuti shalat, sebelum masuk dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dengan menggunakan thermogun, serta pihak mesjid juga menyediakan masker bagi jemaah yang kelupaan atau tertinggal masker serta adanya tempat cuci tangan," katanya, Jum'at (12/6) malam.
 
Pelaksanaan Shalat Jum'at dengan jaga jarak pola silang papan catur (Fathurrahman/Kecamatan Daha Selatan/Antarakalsel)

Baca juga: Sikapi wajib masker, Camat Daha Selatan instruksikan pemesanan untuk dibagikan gratis

Dijelaskan dia, dari pantauan langsung di lapangan, pihaknya bersyukur hampir seluruh jemaah Shalat Jumat, di Mesjid Al Firdaus, Desa Baruh Jaya, telah tertib memakai masker, dan sebelumnya juga pihak kecamatan melakukan sosialisasi dalam penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus ini.

Tidak hanya di dalam mesjid, penerapan jaga jarak juga dilakukan hingga pelataran hingga lokasi parkir yang dijadikan tempat shalat, dan untuk memberi kenyamanan beribadah bagi jemaah di luar mesjid agar tidak kepanasan, maka pihak mesjid menyediakan tenda.

Pihak kecamatan pun tidak ketinggalan tetap membawa persedian masker, sehingga bagi yang ketinggalan dan tidak memungkinkan kembali ke rumah mengambilnya, seperti mereka yang Lanjut Usia (Lansia) langsung diberikan masker.

"Sebelum mengikuti Shalat Jumat tadi, kami bersama Camat Daha Selatan, unsur Satpol PP kabupaten maupun kecamatan, Badan PB Kesbangpol HSS dan relawan desa melaksanakan kegiatan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) pencegahan COVID-19 di Pasar Negara," katanya.
 
Kasi Tibum Daha Selatan berikan masker untuk lansia yang
ketinggalan masker (Fathurrahman/Kecamatan Daha Selatan/Antarakalsel)


Baca juga: Daha Selatan akan miliki perpustakaan bertaraf nasional

Menurut dia, untuk di pasar tentunya dengan arahan pencegahan penyebaran virus untuk penjual dan pembeli, baik layanan berupa barang maupun jasa, sementara di mesjid menyampaikan protokol kesehatan pelaksanaan shalat dan peribadatan di tempat ibadah.

Ada delapan mesjid di wilayah Daha Selatan yang telah melaksanakan Shalat Jum'at hari ini, pelaksanaannya juga mendapatkan arahan dari relawan COVID-19 dari  desa masing-masing dan pembinaan dari pihak kecamatan melalui satgas yang ada.

Relawan COVID-19 Desa Baruh Jaya, Mahyuni, mengatakan pihaknya dari relawan COVID-19 desa telah melaksanakan Shalat Jum'at dengan penerapan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah, dengan pengaturan jarak shaf dan cuci tangan.
 
Komunikasi Kasi Tibum Daha Selatan Ifan Syah dengan relawan COVID-19
Desa Baruh Jaya, Mahyuni (Fathurrahman/Kecamatan Daha Selatan/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020