Bupati Banjar Khalilurrahman menjadi khatib shalat Jumat pertama di Masjid Al-Karomah Martapura setelah masjid terbesar dan kebanggaan masyarakat Kabupaten Banjar itu resmi dibuka di tengah pandemi COVID-19. 

Sebelumnya, selama hampir 2 bulan, masjid di pusat Kota Martapura itu maupun masjid-masjid lainnya yang tersebar di Kabupaten Banjar tidak melaksanakan shalat Jumat untuk mencegah kerumunan orang. 

Bupati Banjar yang akrab disapa Guru Khalil itu dalam khutbah singkatnya menyampaikan protokol kesehatan selama pandemi COVID-19 disamping mengingatkan masalah keimanan dan ketaqwaan kepada jamaah. 

"Di tengah pandemi COVID-19, kita berusaha terhindar penyakit dengan menjalankan protokol kesehatan dan harus selalu berdo’a dan memohon kepada Allah SWT agar dihindarkan dari segala penyakit," ucapnya. 

Guru Khalil juga meminta jamaah dan masyarakat Banjar umumnya selalu meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT dengan memperbanyak ibadah dan membaca ayat suci Al-Quran di setiap waktu. 

Shalat Jumat berjamaah di Masjid Al-Karomah Martapura yang pertama kali diselenggarakan sejak ditutup beberapa pekan disambut suka cita jamaah yang mengikuti shalat dengan menjalankan protokol kesehatan. 

Setiap jamaah wajib mengenakan masker selama berada di lingkungan masjid dan saat pelaksanaan shalat juga diatur jarak atau saf antarjamaah sekitar satu meter untuk menghindari penularan virus. 

"Kami bersyukur Masjid Al-Karomah dibuka kembali sehingga bisa shalat Jumat berjamaah meski pun harus menjalankan protokol kesehatan," ucap Andi, salah satu jamaah usai mengikuti shalat Jumat. 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020