Harga kebutuhan bahan-bahan pokok di pasar-pasar wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) secara umum terpantau masih relatif normal, kecuali untuk harga daging ayam ras yang beberapa hari ini mengalami kenaikan, sementara untuk harga bawang merah menunjukkan penurunan.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan Kabupatan HSS, Amelia Budhiarti, di Kandangan, Kamis (4/6), mengatakan harga daging ayam berdasarkan pantauan terkini memang terbilang masih tinggi dikisaran harga Rp42 ribu hingga Rp45 ribu per kilogramnya.

"Sementara untuk harga bawang merah sudah mulai turun, jika dibandingkan data sebelumnya dari hasil pemantauan, yakni harga turun menjadi Rp55 ribu sampai dengan Rp65 ribu per kilogramnya," katanya, dalam keterangan.

Baca juga: Sikapi situasi terkini di HSS, Pasar Ramadhan terbuka diganti secara online

Dijelaskan dia, turun naiknya untuk bawang merah memang sangat dipengaruhi dengan stok yang ada, karena masih didatangkan dari luar daerah, dan keterlambatan kedatangan pasokan juga menjadi pemicu kenaikan harga yang ada di pasaran.

Selain harga daging ayam dan bawang merah, gula pasir sudah mulai stabil dikisaran Rp15 ribu per kilogram walaupun sebelumnya sempat terjadi kenaikan signifikan, hal ini dikarenakan pasokan stabil, dan pihaknya telah melakukan intervensi dengan melakukan operasi pasar murah.

Kepala Dinas Perdagangan HSS Sudiyono, mengatakan kenaikan daging ayam di Kabupaten HSS dikarenakan memang pasokannya didatangkan dari luar daerah, dan nanti pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Dinas Peternakan setempat, serta dengan pihak provinsi terkait persoalan kenaikan harga tersebut.

Baca juga: Pemkah HSS Gelar Pasar Murah Di 15 Titik

Adapun untuk ketersediaan dan harga bahan kebutuhan pokok lainnya, antara lain beras dari lokal hingga beras jawa dari kisaran harga Rp7.500 hingga Rp13 ribu perliter, minyak goreng dari harga Rp10ribu hingga Rp15 ribu perliter, daging sapi Rp130 ribu, daging ayam kampung Rp60 ribu perkilogram.

Telor ayam ras Rp23 ribu perkilo, ayam kampung Rp2.500 perbiji, telor itik Rp2.300 perbiji, bawang putih Rp35 per kilogram, cabe rawit Rp60 ribu perkilogram, caber merah biasa Rp40 ribu, ikan asin gabus Rp160 ribu perkilogram, ikan asin telang Rp100 perkilogram.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020