Kepala Dinas Kesehatan(Dinkes) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) selaku Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) HSS, dokter Siti Zainab menyampaikan, situasi terkini COVID-19 di Kabupaten HSS, per Rabu(3/6).

Ia mengatakan, ada penambahan satu kasus konfirmasi positif COVID-19 menjadi sembilan kasus di Kabupaten HSS, pasien positif berasal dari Desa Baruh Kambang, Kecamatan Daha Utara.

"Pasien ini dari tranmisi lokal dari Cluster Gowa yang juga positif dan telah dirawat, pasien baru ini akan mendapatkan penanganan medis lebih lanjut," katanya, dalam keterangan resmi Gugus Tugas COVID-19 HSS.

Dijelaskan dia, data COVID-19 HSS per hari ini, jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) 327 orang, selesai pemantauan 312 orang, dan dalam proses 15 orang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) lima orang, kasus terkonfirmasi sembilan orang, empat diantaranya dirawat, empat sembuh dan satu orang meninggal.

Baca juga: Peduli COVID-19, PT Subur Agro Makmur berikan bantuan kepada Pemkab HSS

Adapun sebelumnya, Gugus Tugas COVID-19 HSS melaporkan dua penambahan kasus untuk dua pasien kasus konfirmasi, pertama satu orang dari Desa Baruh Kambang, Kecamatan Daha Utara, merupakan istri dari Cluster Gowa yang pernah yang sebelumnya juga terkonfirmasi positif dan dirawat di RSUD Ulin Banjarmasin.

Sedangkan, satu orang lainnya adalah Orang Dalam Pemantauan (ODP) berasal dari Desa Bago Tanggul, Kecamatan Kalumpang, merupakan warga Desa Bago Tanggul akan tetapi sebelumnya melakukan perjalananan ke kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah (Kalteng) untuk menjenguk keluarga.

Berdasarkan data terkini, untuk sembilan kasus konfirmasi positif berdasarkan sebaran kecamatan di Kabupaten HSS antaralain, Kecamatan Daha Utara dengan empat kasus, dua diantaranya dirawat, satu sembuh dan satu orang meninggal.

Daha Selatan dua kasus, satu orang diantaranya masih dirawat dan satu orang sembuh, Kecamatan Kalumpang dengan satu kasus dan pasien masih dalam perawatan, sementara satu kasus lainnya terkonfirmasi dari Padang Batung, sudah dinyatakan sembuh dan diketahui juga dari Cluster Gowa.

Baca juga: Hasil rapid test tahap pertama karyawan PT SLS semuanya non reaktif

Untuk Jumlah PDP dari warga HSS sebanyak lima orang, empat orang dirawat di RSUD Kandangan yakni, pasien HBS-34 laki-laki(37) dari Telaga Langsat kondisi stabil, HBS-48 perempuan(37) dari Angkinang kondisi lemah.

Pasien HBS-49 laki-laki (62) dari Kecamatan Kandangan kondisi lemah, HBS-50 laki-laki (59) dari Kecamatan Daha Barat kondisi lemah, satu pasien lainnya dirawat di RSUD Daha Sejahtera RDS-06 laki-laki (47) dari Daha Utara kondisi stabil.

RSUD Kandangan saat ini selain merawat lima PDP warga HSS, juga merawat lima PDP dari luar daerah HSS, yakni tiga PDP dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) HBS-42, HBS-46 dan HBS-53, dua dari Kota Banjarbaru HBS-36 dan HBS-51, serta satu dari Kabupaten Tapin HBS-52.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020