PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) genap berusia 47 tahun, di mana Hari Ulang Tahun (HUT) ini dirayakan kantor cabangnya di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan secara sederhana karena di tengah mewabahnya virus Corona.

Perayaan HUT PT Asuransi plat merah ini digelar di kantornya yang beralamat di Jalan A Yani Km 3 No 137c Banjarmasin dengan acara potong tumpeng oleh Branch Manager Jasindo Banjarmasin, Wahyu Raharjo disaksikan segenap pegawainya pada Selasa.

"Di HUT ke-47 ini dengan tema Asuransi Jasindo Menjaga Negeri kami berharap asuransi Jasindo mampu memberikan sumbangsih yang baik kepada Indonesia, meski negeri kita saat ini dilanda wabah virus Corona," tutur Wahyu Raharjo.

Dari itu, pihaknya pun dalam gelar syukuran HUT ke-47 ini secara sederhana dan tetap mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari penularan virus COVID-19.

Dia menyampaikan, selama pandemi COVID-19 ini, Asuransi Jasindo tetap berjalan normal dengan layanan operasional dari pukul 08.00-17.00 Wita.

Namun sebagian karyawan harus ada yang tetap bekerja di kantor, sebagian lainnya work from home (WFH).

Dia melaporkan, Asuransi Jasindo kantor cabang Banjarmasin telah membayarkan klaim produk Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) sebesar Rp1,9 miliar periode Januari-Mei 2020.

Klaim AUTP mencakup yang area Kalsel didominasi Kabupaten Banjar ini lantaran lahan sawah petani atau nasabah terendam banjir.

"Walaupun pandemi saat ini kami bersyukur pembayaran klaim berjalan normal. Selanjutnya nilai klaim yang kami persiapkan sekitar Rp 3,5 miliar untuk AUTP," ucap Wahyu Raharjo.

Ditambahkannya, AUTP merupakan salah satu fokus asuransi Jasindo kantor cabang Banjarmasin. AUTP sendiri masuk dalam program Jasindo Agri yang melayano tidak hanya petani namun juga nelayan dan peternak.

Selain itu produk lainnya, yakni asuransi kebakaran, kendaraan bermotor, rangka kapal, rekayasa, pengangkutan, dan kesehatan.

Saat ini Jasindo telah bergabung dalam pembentukan holding BUMN. Bergabung bersama PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI) atau Bahana, Perum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo), PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) dan Jasa Raharja, yang mana BPUI menjadi induk dari holding tersebut.

"Secara nasional Jasindo mencatatkan pertumbuhan premi Rp 902 miliar per kuartal I 2020. Meningkat 119 miliar atau 15,2 persen year on year (yoy)," jelasnya.

Peningkatan pendapatan premi ditopang premi asuranis harta benda, premi kredit, dan premi kesehatan.

Di tengah kondisi pandemi, pihaknya lebih meningkatkan sistem teknologi informasi. Untuk kontak relasi dan nasabah lebih memaksimalkan media sosial.

"Kami juga fokus pada peningkatan transaksi online, di antaranya pembayaran premi bisa melalui mobile banking tanpa harus repot ke kantor cabang atau setor ke bank," pungkasnya.

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020