Paringin (AntaraNews Kalsel) - Gubernur Kalimantan Selatan, Rudy Arifin memberikan apresiasi terhadap keberhasilan pembangunan daerah yang telah dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Balangan.

     

Hal tersebut disampaikannya saat memberikan sambutan pada acara peringatan Hari Jadi (Harjad) Ke-11 Kabupaten Balangan yang digelar di halaman kantor Bupati setempat di Paringin, ibu kota Balangan, Selasa.
    
"Keberhasilan dari upaya dan kerja keras yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah Balangan selayaknya mendapatkan apresiasi yang tinggi," katanya.
    
Keberhasilan pembangunan yang telah diraih oleh Balangan, ditunjukkan dengan indikator makro yang terus tumbuh dan berkembang secara positif ke arah yang lebih baik.
    
Indikator makro tersebut, ujarnya, meliputi pertumbuhan ekonomi, inflasi, pendapatan perkapita dan penurunan jumlah pengangguran.
    
"Indikator lainnya berupa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) meliputi angka harapan hidup, angka melek huruf dan rata-rata lama sekolah, juga mengalami peningkatan," ujarnya.
    
Tercatat, IPM Balangan pada 2010 lalu sebesar 66,74, naik menjadi 67,35 pada 2011 dan terus meningkat pada 2012 menjadi 67,71.
    
Pemerintah daerah setempat, tambahnya, telah mampu menunjukkan tren dan konsistensi peningkatan terhadap indikator-indikator keberhasilan pembangunan tersebut.
    
"Atas nama Pemerintah Provinsi Kalsel, kami menyambut baik kreativitas dan inovasi yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah Balangan dalam membangun dan mensejahterakan masyarakat," tambahnya.
   
Melalui kreativitas dan inovasi yang dilakukan, setiap kabupaten/kota di Kalsel diharapkan mampu mendorong dan melakukan percepatan pembangunan didaerahnya masing-masing.
    
Pemerintah Provinsi Kalsel sendiri, sesuai dengan kemampuan dan kewenangan yang dimiliki, akan terus memberikan dukungan, pembinaan, pengawasan, evaluasi serta bimbingan terhadap pelaksanaan pembangunan di daerah.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014