Oleh Rusmanadi

Paringin, (Antaranews Kalsel) - Kafilah dari Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, akan mengikuti semua cabang lomba pada pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) ke-XXVII tingkat provinsi di Kabupaten Tanah Laut pada 19 hingga 26 April mendatang.

Menurut Asisten I Sekretariat Daerah Balangan, Rody Rahmadi Noor selaku Ketua Rombongan Kafilah di Paringin, ibu kota Balangan, Kamis, rombongan akan diberangkatkan pada Jum`at (18/4).

"Meskipun semua cabang lomba akan di ikuti, tetapi kita tidak mematok target dalam MTQ ke-XXVII kali ini agar peserta tidak terbebani. Yang penting partisipasinya," ujarnya.

Cabang-cabang yang akan dilombakan pada MTQ ke-XXVII mendatang terdiri dari Tilawah, Qira`at, Tartil, Tahfiz, Tafsir Bahasa Arab Indonesia dan Inggris, Fahmil Qur`an, Syahril Qur`an, Khat serta Pawai Ta`aruf.

Rombongan khafilah yang akan berangkat, katanya, berjumlah 98 orang terdiri dari peserta, official, pelatih dan pendamping.

"Persiapan sudah dilakukan dengan matang. Tinggal bagaimana mental para peserta nanti saat berlomba," katanya.

Para kafilah yang diberangkatkan dan akan berlomba pada MTQ ke-XXVII mendatang semuanya merupakan putra daerah Balangan.

Ia menambahkan, meskipun tidak ada target khusus tetapi diyakini kafilah Balangan akan mampu menempati sepuluh besar untuk beberapa cabang lomba.

"Kita sangat optimis pada beberapa cabang lomba khafilah Balangan akan masuk sepuluh besar, seperti pada cabang Tilawah putra, putri dan anak-anak serta Tartil putra dan putri," tambahnya.

Keyakinan tersebut didasari oleh prestasi para kafilah Balangan pada MTQ-MTQ terdahulu seperti Juara III Nasional Tilawah, Juara II Provinsi, Juara III 20 Juz, Harapan I Tilawah Remaja, Harapan II Puisi Tasi Al Qur`an dan Juara II Pawai Ta`ruf.

Rombongan khafilah Balangan itu sendiri sudah dilakukan acara pelepasan oleh Bupati setempat di Aula Benteng Tundakan, Kamis.

Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014