Oleh Yose Rizal

Banjarbaru,  (Antaranews.Kalsel) - Sebanyak 3.300 siswa tingkat sekolah menengah menengah atas sederajat Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan siap mengikuti ujian nasional yang diselenggarakan selama tiga hari sejak 14-16 April 2014.

Kepala Dinas Pendidikan Banjarbaru Ahmadi Arsyad, Minggu mengatakan, tiga ribu lebih calon peserta UN terdiri dari 989 siswa tingkat SMA, 458 siswa MA, 1.361 siswa SMK, 490 siswa paket C dan satu peserta dari SLB.

Ia mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan seluruh siswa untuk mengikuti ujian nasional yang sangat menentukan kelulusan jenjang pada sekolah paling tinggi melalui ujicoba ujian nasional.

"Seluruh siswa calon peserta UN sudah mengikuti try out ujian dengan materi soal yang sesuai kisi-kisi ujian nasional sehingga mereka memiliki bekal untuk menghadapi ujian yang sebenarnya," ujar dia.

Menurut dia, siswa calon peserta UN mengikuti dua kali try out ujian yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru dan try out ujian yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Provinsi pada awal Maret 2014.

Disebutkan, try out bagi seluruh calon peserta UN itu, tujuannya bukan semata-mata mengetahui persentase kelulusan tetapi juga sebagai bahan acuan untuk mengetahui kekurangan siswa pada setiap mata pelajaran.

"Hasil try out cukup baik, tetapi bukan persentasenya yang dicari melainkan daya serap siswa terhadap mata pelajaran sekaligus mengetahui kelemahan sehingga setiap siswa bisa dibimbing lebih intensif," ungkapnya.

Dikatakan, pihaknya optimistis, persentase kelulusan siswa peserta UN tahun ajaran 2013-2014 memuaskan sehingga mereka bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi atau bekerja sesuai jenjang pendidikan.

"Kami optimistis karena tingginya kelulusan merupakan keberhasilan program pendidikan yang difasilitasi pemerintah sehingga terus berusaha agar seluruh siswa sekolah mampu lulus dengan baik," katanya.

Ditambahkan, untuk kesiapan pelaksanaan UN secara keseluruhan sudah siap baik naskah soal maupun sekolah penyelenggara dan pengawas ujian yang bertugas di setiap sekolah penyelenggara.

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014