Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, terus mengucurkan bantuan sembako secara gratis kepada masyarakat "Bumi Bersujud" yang terdampak penyebaran virus corona atau COVID-19.

Ketua PMI Cabang Tanah Bumbu H. Rooswandi Salem, di Batulicin Rabu mengatakan, penyaluran sembako kali ini adalah yang kesekian kalinya yang sebelumnya juga pernah dilakukan untuk masyarakat kecamatan Simpang Empat.

"Kali ini panitia menyiapkan sekitar 400 paket sembako dan 5000 masker, dibagikan untuk warga Kecamatan Kusan Hilir dan sekitarnya," kata Rooswandi.

Dia mengatakan, agar penyaluran sembako tersebut tepat sasaran, pihaknya juga melibatkan pegiat seni untuk membantu menyalurkan bantuan sembako tersebut bersama pengurus pramuka tingkat kecamatan.

Menyikapi adanya pandemi COVID-19, PMI ikut prihatin terhadap masyarakat yang tidak memiliki penghasilan tetap, kami berinisiatif untuk meringankan beban hidup mereka dengan membagikan sembako masker.

Di kesempatan yang sama, para petugas juga mengimbau agar warga menjaga jarak, mengurangi aktivitas di luar rumah, menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir serta tidak lupa memakai masker.

Pihaknya juga menyerukan kepada seluruh lapisan masyarakat yang memiliki kondisi badan sehat agar melakukan donor darah untuk mencegah adanya kelangkaan stok darah di "Bumi Bersujud".

"Di tengah pandemi virus corona atau COVID-19 yang tengah mewabah di berbagai wilayah Indonesia, PMI telah mengeluarkan berbagai protokol atau panduan terkait pelayanan di PMI termasuk pelaksanaan donor darah," pungkasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020