Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad, menyampaikan keistimewaan Kabupaten HSS yang notabene merupakan daerah sentral perjuangan rakyat Kalimantan, saat menerima saat menerima kedatangan rombongan dari Kesatuan Lanal Banjarmasin yang dipimpin Wandanal Mayor Laut (P) Iwan Hendra.

Ia mengatakan, Proklamasi ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan memang sangat istimewa, karena ini sebagai perwujudan nasionalisme yang tinggi yang dimiliki rakyat Kalimantan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Seandainya Kalimantan mau merdeka saat itu, sangat mudah. Namun proklamasi yang dikumandangkan Brigjend H. Hasan Basry kala itu, tetap mengedepankan rasa patriotisme dan nasionalisme NKRI," katanya, di ruang kerja, Senin (18/5).

Baca juga: HSS peringati HUT ke-71 proklamasi pemerintahan Gubernur ALRI Divisi IV

Dijelaskan dia, jadi hanya ada dua proklamasi di Indonesia, yakni Proklamasi 17 Agustus 1945 yang dikumandangkan Bung Karno, dan Proklamasi ALRI 17 Mei 1949 yang dikumandangkan Brigjend,H, Hasan Basry.

Wadanlanal Iwan Hendra, sangat kagum mendengar pemaparan sejarah HSS, dan memohon maaf karena Danlanal ada penugasan mendadak dari pusat sehingga tidak bisa hadir sendiri ke HSS, dan memerintahkan dirinya untuk mewakili.

Menurut dia, kedatangan mereka adalah dalam rangka silaturrahmi setelah sebelumnya melaksanakan aksi kegiatan sosial berupa ziarah makam dan tabur bunga di Kompleks Taman Makam Pahlawan Pusara Bhakti Banua di Desa Batu Bini, Kecamatan Padang Batung.

Baca juga: Bupati HSS serahkan 206 paket bingkisan untuk petugas kebersihan

Ziarah ini sendiri dilaksanakan dalam rangka kegiatan Peringatan HUT Proklamasi ALRI DIvisi IV Pertahanan Kalimantan Tahun 2020, yang tahun ini karena Pandemi COVID-19, tidak bisa dilaksanakan apel sebagaimana biasa di Tugu Mandapai.

Diinformasikannya bahwa secara khusus ziarah yang sama sudah dilakukan Jajaran Lanal Banjarmasin ke Makam Pahlawan Nasional Brigjend. H.Hasan Basry, sehari sebelumnya di Bundaran Liang Anggang, Landasan Ulin, Banjarbaru.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020