Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), dokter Siti Zainab, menyampaikan penurunan jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP), yang dirawat di ruang isolasi RSUD Kandangan.

Ia mengatakan, jika sebelumnya dilaporkan jumlah PDP berjumlah delapan orang, namun Rabu (13/5) turun menjadi tiga orang, begitupun untuk pasien sembuh bertambah dari tiga menjadi empat orang, dengan sembuhnya pasien HBS-9 laki-laki (42) dari kecamatan Padang Batung.

"Pasien HBS-9 sudah dinyatakan sembuh dari telah dipulangkan dari RSUD Ulin Banjarmasin, Selasa (12/5) sore lalu, jadi tinggal satu pasien konfirmasi positif yang saat ini masih dirawat di RSUD Kandangan," katanya.

Baca juga: Masyarakat HSS taat dan patuh imbauan pemerintah, tidak perlu PSBB

Dijelaskan dia, lima PDP yang dinyatakan hasil negatif dari tes swabnya dari  Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), di Banjarbaru, antaralain  HBS-22 perempuan(70) dari Kecamatan Kandangan, HBS-23 laki-laki (59) dari Kandangan.

Selanjutnya, HBS 24 laki-laki(55) dari Kecamatan Kandangan, HBS-25 laki-laki(66) dari Kecamatan Simpur, dan pasien HBS-29 perempuan (38) dari Kecamatan Daha Utara.

Sementara untuk tiga PDP yang masih dirawat di ruang isolasi RSUD Kandangan, HBS-21 perempuan(54) dari Kecamatan Daha Utara kondisi stabil, HBS-26 laki-laki(44) Padang Batung kondisi lemah, HBS-28 laki-laki (49) Daha Selatan kondisi lemah.

"Situasi terkini COVID-19 HSS, Orang Dalam Pemantauan 283 orang, 266 selesai pemantauan, 17 masih proses, jumlah PDP 3 orang, jumlah kasus konfirmasi lima orang, empat pasien sembuh dan satu pasien dalam perawatan, meninggal nol," katanya.

Baca juga: Satu PDP HSS warga Daha Utara meninggal dunia, kasus konfirmasi positif bertambah satu

Rincian ODP per kecamatan antaralain, Angkinang 18 orang ODP dan selesai 14, Daha Barat satu orang ODP dan selesai satu. Daha Selatan 57 orang ODP dan selesai 53.

Daha Utara 40 orang ODP dan selesai 39, Kalumpang tujuh orang ODP dan selesai tujuh, Kandangan 77 orang ODP dan selesai 74, Loksado delapan orang ODP dan selesai delapan.

Kecamatan Padang Batung 23 orang ODP dan selesai 20, Simpur 28 orang ODP dan selesai 27, Sungai Raya 16 orang ODP dan selesai 15, dan terakhir, Telaga Langsat delapan orang ODP dan selesai delapan orang.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020