Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Personel Lanud Sjamsudin Noor Banjarbaru disambut tembakan ketika akan memasuki gerbang, sehingga tembak menembak tidak dapat dielakan.

Laporan hasil pengamatan personel Intelpam bahwa ada pergerakan dari sekelompak orang yang akan berusaha menguasai aset milik Lanud Sjamsudin Noor. Komandan Lanud Sjamsudin Noor Letkol Pnb Esron S.B. Sinaga, S.Sos., segera mengambil tindakan cepat dengan memerintahkan Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud SAM Mayor Lek Petrus Prihatin, S., untuk mempertahankan keutuhan aset Lanud SAM, Selasa (25/03).
 
Kadisops Lanud SAM Mayor Lek Petrus Prihatin memimpin pasukan Hanlan disertai pasukan berkekuatan satu SSK dengan peralatan dan senjata lengkap secara serentak melaksanakan patroli ke seluruh aset lanud Sam  yang letaknya berpencar-pencar dengan jarak yang cukup berjauhan. Patroli dimulai dari AWR Dwi Harmono yang berjarak kurang lebih 45 Km dari Mako Lanud Sam.
 
Selanjutnya pasukan melakukan patroli terhadap aset lanud Sam yang terletak di wilayah Banjarbaru dan Loktabat yang berjarak kurang lebih 60 Km dari AWR Dwi Harmono dan berjarak 15 Km dari Mako Lanud Sam. Selesai melaksanakan patroli seluruh pasukan melaksanakan konsolidasi dan dinyatakan aman maka pasukan segera kembali ke Mako Lanud SAM.
 
Ketika pasukan memasuki gerbang Mako Lanud SAM tiba-tiba dihadang oleh tembakan yang berasal dari dalam Mako Lanud Sam yang ternyata adalah sekelompok orang bersenjata yang diperkirakan berkekuatan satu SSK yang sudah menduduki dan menguasai Mako Lanud Sam. Setelah terjadi baku tembak dalam pertempuran sengit, Mako Lanud Sam beserta seluruh aset dapat dikuasai dan sekelompok orang bersenjata yang menguasai Mako Lanud Sam dapat dilumpuhkan.
 
Peristiwa yang terjadi di Mako Lanud Sjamsudin Noor Banjarbaru tersebut merupakan bagian dari skenario Latihan Hanlan (Pertahanan Pangkalan) dan menembak yang dilaksanakan oleh seluruh anggota militer Lanud Sam. Sebagai kegiatan rutin untuk mengasah keahlian personel anggota Lanud Sam dalam melaksanakan tugas dan Pertahanan Pangkalan baik Pangkalan Udara maupun upaya Pertahanan aset.
 
Dalam kegiatan menembak kali ini penembak pistol terbaik diraih Letda Kal Mirza Salim Efendi, Pama DP Lanud SAM disusul Lettu Kes Muryanto Widodo, Kaunit Gudang Jangkes Rumkit Lanud Sjamsudin Noor dan Serda Muhadi Anggota Satpomau Lanud SAM. Sedangkan penembak terbaik senjata laras panjang diperoleh Sertu Agus Subarto, Anggota Dispers disusul Serma Ari Muksin Anggota Senkom dan Serda Etik Purbawatiningsih, BA Perawat Watdok Watum Rumkit Lanud Sjamsudin Noor.

Pewarta:

Editor : Herry Murdy Hernawam


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014