Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Achmad Fikry didampingi Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, sampaikan informasi terkait sudah mulai disalurkannya Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi masyarakat terdampak COVID-19.

Ia mengatakan, untuk BLT Dana Desa sudah mulai disalurkan pada hari ini, Kamis (30/4) dan BLT Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) akan dimulai minggu depan.

"Untuk BLT ada dua sumber, yang pertama dari Dana Desa dan yang kedua BLT dari Kemensos, dengan sudah dimulainya penyaluran BLT ini mudah-mudahan warga kita yang terdampak COVID-19 bisa terbantu," katanya, bertempat di aula Ramu kantor bupati setempat.

Baca juga: ODP HSS dalam proses pemantauan menurun menjadi 33 orang

Dijelaskan dia, apabila ada warga terdampak COVID-19 yang tidak termasuk dalam penerima BLT Desa ataupun BLT Kemensos, dan sangat membutuhkan bantuan agar segera melapor kepada pemerintah.

Pelaporan dapat dilakukan kepada Pemkab HSS melalui Dinas Sosial HSS yang telah membuka layanan masyarakat, baik dinsoshss@yahoo.co.id atau lewat WA atau SMS 085387223330 atau sampaikan langsung ke Pusat Pelayanan PMKS "Rumah Biru Sehati" Kantor Dinas Sosial HSS Jalan Kamboja No 3 Kandangan.

Camat Kandangan Ronaldy P Putra mengatakan penerima bantuan BLT sesuai dengan Permendesa Nomor 6 tahun 2020 dan Instruksi Mendagri Nomor 3 tahun 2020, kriteria penerimanya  ada tiga.

Salah satu syarat tidak boleh double dengan penerima PKH, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang biasanya penyaluurannya melalui e- Warung, pemegang Kartu Pra Kerja serta hal bantuan pemerintah lainnya. 

Baca juga: BLT Desa HSS Rp25 milyar lebih untuk 15.057 KK terdampak COVID-19

Warga Kandangan, Alfu, mengatakan mengapresiasi segala upaya dan langkah dari Pemkab HSS telah berusaha semaksimal mungkin untuk dapat mengurangi beban masyarakat akibat dampak pandemi COVID-19 ini.

"Diharapkan bantuan tersebut dapat tepat sasaran, namun warga juga bisa menyampaikan permasalahan, apalagi ada yang belum menerima bantuan atau kurang tetap sasaran," katanya.

Ditambahkan dia, menyambut baik adanya layanan masyarakat ini, maka warga dapat melaporkannya ke nomor aduan yang telah disediakan, dengan format aduan seperti petunjuk dan mengharapkan agar pancemi COVID-19 segera berakhir dan warga dapat beraktifitas normal kembali.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020