Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS), melaksanakan konferensi pers tentang Bantuan Lansung Tunai (BLT) yang diserahkan pemerintah kepada warga yang terdampak dengan adanya wabah COVID-19.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) HSS, Subagio, di Kandangan, Kamis (30/4), mengatakan BLT alokasikan dari dana desa,  dengan total anggaran Rp25.000.072.200,- di salurkan untuk 15.057 Kepala Keluarga (KK) tahap pertama.

“Tahap kedua dan ketiga bisa berubah. Bisa berkurang dan bisa bertambah, sebab jika ada masyarakat yang benar-benar membutuhkan namun tidak menerima satu jenis bantuan, maka bisa dimasukkan program BLT desa itu," katanya.

Baca juga: Bupati HSS motivasi ASN berzakat bantu masyarakat terdampak COVID-19

Bupati HSS H Achmad Fikry mengatakan, penyaluran bantuan ini sesuai instruksi Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia untuk masyarakat yang terdampak COVID-19, dan yang menjadi prioritas penerima bantuan adalah yang tidak bisa memenuhi kebutuhan pokok,

Ia berharap dengan adanya BLT ini warga HSS dapat terbantu, namun apabila ada masyarakat HSS yang tidak mendapat BLT dari Kemensos ataupun dari Dana Desa, dan memang benar-benar tidak bisa memenuhi kebutuhan dasarnya agar segera melapor ke Dinas Sosial, 

Dijelaskan dia, prinsip pemerintah daerah agar tidak ada warga HSS yang kelaparan, kalaupun ada diharapkan segera melapor kepada pemerintah melalui SKPD terkait, yakni Dinas Sosial.

"Perlu rasa saling tolong menolong kepada sesama, sehingga tidak ada tetangga yang terdampak COVID-19 menjadi kelaparan, karena tidak ada beras untuk di masak," katanya.

Baca juga: Komisi IV DPRD Kalsel monitoring penanganan COVID-19 HSS

Bagi para ASN dan bagi masyarakat yang memilki kemampuan membantu, untuk dapat membantu tetangga yang terdampak berdasarkan kemampuannya, apabila tidak mampu membantu maka segera laporkan kepada pemerintah, baik melalui Dinas Sosial ataupun pemerintah desa dan kecamatan.

Ditambahkan dia, semu pihak tentu berharap wabah ini cepat beralalu, begitupun untuk salah satu cara masyarakat dalam membantu pemerintah mengatasi wabah ini adalah mengikuti anjuran dari pemerintah dan alim ulama dalam mencegah penyebaran virus.

Turut hadir, Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, asisten Administrasi Pembangunan Setda HSS, Kepala Dinas Sosial HSS Nordiansyah, Camat Kandangan Ronaldy P Putra, Perwakilan APDESI HSS, serta sejumlah pewarta daaerah di HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020