Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) H Sahbirin Noor, membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) yang dilaksanakan secara daring atau online.

Ia mengatakan, bahwa dampak dari pandemi Virus Corona (COVID-19) sangatlah luas hampir semua jenis usaha terganggu, untuk itu ia yang akrab dipanggil Paman Birin meminta semua harus bergerak membantu para pengusaha kecil dan menengah untuk dapat bangkit dari keterpurukan.

“Kita dorong para pemilik modal untuk berinvestasi, sehingga perekonomian di daerah kita bisa berjalan dengan baik,” katanya, dalam sambutan melalui Video Conference (Vidcon) yang diikuti Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, Kepala Bapelitbangda HSS M Arliyan Syahrial, di Ruang Media Center HSS, Selasa (28/4).

Baca juga: Musrebang Kabupaten HSS melalui Vicon dari enam tempat

Dijelaskan dia, bahwa dalam empat tahun belakangan ini Kalsel telah berhasil mencapai sasaran pembangunan yang menggembirakan di tengah ekonomi dunia yang melambat, serta pengaruh perang dagang antar Tiongkok dan Amerika Serikat, Kalsel mampu bertahan dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 4,08 persen pertahun 2019.

Tingkat pengangguran dan kemiskinan di Provinsi Kalsel terus berkurang lebih rendah dari rata-rata nilai kemiskinan secara nasional, Indek Pembangunan Manusia (IPM) Kalsel juga setiap tahun terus meningkat dan telah mencapai angka 70, 72.

Selain itu indek Kualitas Lingkungan Hidup Kalsel terus membaik dengan angka 62,06, harapannya di tahun 2021 nanti pembangunan Kalsel bisa lebih berkembang dan maju lagi dengan didasari susunan rencana pembangunan.

Baca juga: Achmad Fikry : 4.800 lebih warga HSS terdampak COVID-19 akan diberikan bantuan

"Rencana pembangunan disusun lebih cermat di lingkungan pemerintah provinsi maupun di kabupaten atau kota di Kalsel, rencanakan program yang mampu mempercepat pemulihan kondisi daerah pasca pandemi Corona berakhir, baik pemulihan secara ekonomi, sosial maupun kesehatan masyarakat,” katanya.

Musrenbang ini juga diikuti ketua DPRD Provinsi Kalsel, unsur Forkopimda Kalsel, sekda Provinsi Kalsel, para bupati dan walikota se provinsi Kalsel, serta para pemangku kepentingan lainnya.

Sedangkan untuk narasumber, menghadirkan Staf Ahli Menteri PPN Bidang Hubungan Kelembagaan Diani Sadia Wati dan Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen Kementrian Dalam Negeri Muhammad Hudori.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020