Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penangangan COVID-19 Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), dokter Siti Zainab, menyampaikan terjadi penambahan satu kasus terkonfirmasi positif virus Corona (COVID-19), sehingga jumlah kasus konfirmasi menjadi empat di HSS.

Ia mengatakan, dari hasil tes swab diketahui pasien dengan kode HBS-15 laki-laki (42), dari Kecamatan Daha Barat dinyatakan positif COVID-19, pasien merupakan Cluster Gowa yang tiba di Kabupaten HSS tanggal 26 Maret 2020 lalu.

"Situasi terkini yang dapat kami laporkan ODP HSS 258 orang, selesai 197 orang, masih dalam proses 61 orang, empat Pasien Dalam Perawatan (PDP), terkonfirmasi positif empat orang, sembuh nol dan meninggal nol," katanya.

Dijelaskan dia, untuk empat PDP masih dalam perawatan di ruang isolasi RSUD Kandangan, dan ada yang akan dilakukan tes kembali serta ada yang menunggu hasil tes swab oleh Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), di Banjarbaru.

Baca juga: Cegah COVID-19, Bupati HSS arahkan setiap desa miliki rumah karantina

Kondisi pasien HBS-4 laki-laki(34) dari Daha Selatan stabil, HBS-10 laki-laki(15) Padang Batung stabil, HBS-11 laki-laki (12) Padang Batung stabil dan PDP HBS-17 ‎laki-laki (22) dari Kecamatan Kalumpang dalam kondisi penurunan kesadaran, dan pasien rujukan dari Tapin, kode pasien HBS-16 masih dalam kondisi lemah.

Tiga Pasien untuk  kode HBS-4, HBS-10 dan HBS-11, ketiganya telah dilakukan tes swab pertama masih negatif dan akan dilakukan lagi tes dihari keempat belas dari tes swab pertama, sementara untuk HBS-17 dan pasien rujukan HBS-16 masih menunggu hasil tes swab dari balai besar.

"Sementara untuk pasien HBS-14 perempuan (51), dari Kecamatan Simpur, hasil tes swab keluar negatif dan sudah dipindahkan ke ruang penyakit dalam di lantai tiga RSUD Kandangan," katanya.

Rincian Orang Dalam Pengawasan (ODP) per kecamatan antaralain, Angkinang 14 orang OPD dan selesai sembilan , Daha Barat satu orang OPD dan selesai satu, Daha Selatan 55 orang OPD dan selesai 34.

Baca juga: Hasil tes swab satu PDP HSS negatif, dua PDP rujukan HST juga negatif

Daha Utara 35 orang OPD dan selesai 27, Kalumpang tujuh orang OPD dan selesai enam, kandangan 71 orang OPD dan selesai 66, Loksado delapan orang OPD dan selesai empat.

Kecamatan Padang Batung 18 orang OPD dan selesai 13, Simpur, 27 orang OPD dan selesai 19, Sungai Raya 15 orang OPD dan selesai 15, Telaga Langsat tujuh orang OPD dan selesai tiga.

Ditambahkan dia, pemerintah terus menghimbau agar masyarakat memberikan informasi yang sebenarnya kepada petugas kesehatan karena COVID-19 bukanlah aib, dan berperan dalam memutus mata rantai penyebaran virus, bagi warga HSS dari luar daerah juga agar tidak mudik ke HSS dalam masa pandemi ini. 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020