Oleh Imam Hanafi

Kotabaru, (Antaranews Kalsel) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, pada 15 Maret 2014 akan menggelar kirab partai politik peserta Pemilu Legislatif sebelum masa kampanye berupa rapat umum terbuka berlangsung. 


"Kirab nanti akan diikuti oleh semua partai politik peserta pemilu, sehari sebelum masa kampanye dibuka," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kotabaru M Erpan, di Kotabaru Selasa.

Menurut Erpan, kirab partai politik nanti akan dilaksanakan secara serentak di Indonesia.

Kirap nanti, lanjut dia, setiap partai politik diberi kesempatan untuk membawa 10 unit kendaraan roda empat.

Rute kirab akan dimulai Taman Siring Laut, Jalan Agusalim, Jalan Diponegoro, Jalan Veteran, Jalan KH Hasan Basri, dan terakhir berakhir di Stadion Kotabaru.

"Setelah pelaksanaan kirab partai politik secara bergantian diberi kesempatan untuk berkampanye," jelasnya.

Erpan menuturkan, KPU bersama pengurus partai politik sudah menyusun jadwal kampanye mulai 16 Maret-5 April 2014.

Masing-masing Parpol mendapatkan kesempatan berkampanye satu hari satu parpol. Berbeda dari Pemilu 2009, dimana setiap parpol hanya mendapatkan kesempatan tiga jam untuk berkampanye berupa rapat umum terbuka.

"Pelajaran Pemilu 2009, dengan waktu tiga jam tidak cukup untuk berkampanye, ada beberapa partai masuk jam parpol lain," ucapnya.

Mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan, jadwal kampanye diubah dari tiga jam menjadi satu hari satu partai, dan kampanye dimulai pukul 09.00 WITA-17.00 WITA.

  "Semua pengurus Partai Politik sepakat atas jadwal yang sudah dibuat bersama itu," terang Erpan.   

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014