Oleh Imam Hanafi

Amuntai,  (Antaranews.Kalsel) - Pelaksanaan Musyabaqah Tilawatil Qur`an Nasional (MTQN) ke-44 tingkat kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan, minim dukungan dana dari sponsor.

Ketua Panitia MTQN ke-44 HSU Rakhmadi Permana, di Amuntai, Senin mengatakan, karena minimnya dukungan dari sponsor, panitia terpaksa menggali dana dari masyarakat, padahal di HSU banyak perusahaan swasta berskala besar.

"Panitia hanya mampu menghimpun dana dari sumbangan PNS melalui pembelian kalender," ujar Rakhmadi, melalui siaran pers pemda setempat.

Dikatakan, dana dari APBD Hulu Sungai Utara memang sudah ada, akan tetapi panitia masih memerlukan dana untuk menutupi beberapa kekurangan yang lainnya.

Ia mengakui, minimnya keterlibatan perusahaan salah satunya disebabkan panitia tidak bisa menembus hubungan baik dengan pihak perusahaan, serta pihak donatur kurang tertarik untuk mensponsori kegiatan MTQN.

"Minimnya dukungan sponsor tidak hanya tahun ini namun juga pada pelaksanaan MTQN sebelum-sebelumnya," tandasnya.

Meski demikian, kata Rakhmadi dukungan dari Pemerintah Daerah sangat besar untuk membantu pihak panitia mensukseskan pelaksanaan MTQN ke 44 Kecamatan Sungai Tabukan ini diantaranya membantu mendatangkan penyanyi Opic yang mempopulerkan lagu "Tombo Ati".

Selain menghimpun sumbangan dari pegawai negeri sipil, melalui pembelian kalender seharga Rp25 ribu perorang juga terdapat sumbangan yang lebih besar dihimpun dari kalangan pejabat Pemkab HSU.

Ia memperkirakan anggaran yang sudah terhimpun untuk menggelar MTQN ke 44 tingkat Kabupaten HSU di Kecamatan Sungai Tabukan tersebut yakni sekitar Rp300 juta.

Meski minim dukungan sponsor dari pengusaha Rakhmadi yakin berkat dukungan Pemda HSU, donator dan warga masyarakat, pelaksanaan MTQN ke 44 tingkat kabupaten yang dilaksanakan 23-27 Pebruari berjalan sukses.

"Khususnya atas dedikasi dan kerja keras pihak panitia untuk mensukseskan kegiatan MTQN ini," imbuhnya.

Rahmadi menuturkan, kegiatan MTQN ke 44 ini diikuti oleh qari dan qariah dari 10 kecamatan dengan total jumlah peserta diperkirakan mencapai 430 orang dengan cabang lomba dilombakan sebanyak 39 cabang.

Ada pun tema yang diusung melalui pelaksanaan MTQN adalah dengan semangat MTQ ke 44 ciptakan situasi aman dan kondusif dalam rangka membina silaturrahmi berdasarkan Ukhuwah Islamiyah. Bupati HSU H Abdul Wahid, mengharapkan dukungan masyarakat untuk mensukseskan perhelatan mulia ini.

Warga masyarakat diminta selalu berhadir di lokasi-lokasi perlombaan untuk memberikan semangat dan dukungan kepada qari dan qariah untuk bertanding.

"Mari kita semarakan kegiatan keagamaan ini untuk mendukung siar Islam dan melahirkan generasi muslim yang qur`ani dan berprestasi" serunya.

Pewarta:

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2014