Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten HST 2021, Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) HST melaksankan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) secara virtual menggunakan video conference.

Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Bupati HST H A Chairansyah didampingi Wakil Bupati Berry Nahdian Forqan di Auditorium Kantor Bupati setempat, Rabu (15/4).

Kepala Bappelitbangda HST, H Ahmad Syahriani Effendi dalam laporannya mengatakan, tujuan dari Musrenbang adalah mendapatkan masukan dalam rangka penyempurnaan Rancangan RPKD HST Tahun 2021.

Selain itu juga guna mendapatkan rincian awal rancangan program dan kegiatan perangkat daerah Tahun 2021 khususnya yang berhubungan dengan pembangunan.

"Adapun hasil yang diharapkan adalah adanya kesepakatan terhadap prioritas pembangunan dan sasaran prioritas pembangunan, kesepakatan program dan kegiatan prioritas serta indikator dan target kinerja dan kebutuhan pendanaan serta masukan untuk penyempurnaan rancangan rencana kerja pemerintah daerah tahun mendatang," katanya.

Dikatakannya, narasumber adalah Wakil Ketua DPRD tentang pokok -pokok pikiran DPRD terhadap arah pembangunan tahun 2021 dan Bappeda Provinsi Kalsel tentang arah kebijakan pembangunan Provinsi Kalsel Tahun 2021.

Mengakhiri laporannya, Syahriani  mengungkapkan, mengingat situasi dan kondisi Pandemi COVID-19, pelaksanaan  Musrenbang RKPD Tahun ini dilakukan dengan 2 cara melalui pertemuan fisik terbatas  dan Video Conference.

Sedangkan pesertanya adalah semua SKPD serta sebelas kecamatan yang ada di Kab HST, Sekda HST, Perwakilan Perguruan Tinggi, Perwakilan Asosiasi Pembakal dan asosiasi BPD, LSM, Ormas/Organisasi Keagamaan /OKP instansi vertikal.

Bupati HST H A Chairansyah, mengatakan, di tengah pandemik wabah corona ini konsentrasi anggaran kita Tahun 2020 lebih kepada penanganan dan pencegahan menularnya virus COVID-19 karena pembangunan fisik dapat saja kita lakukan nanti, namun nyawa manusia siapa yang dapat menggantinya.
 
Chairansyah mengatakan tema pembangunan Kabupaten tahun 2021 adalah peningkatan daya dukung lingkungan menuju HST Agamis, Mandiri , Sejahtera dan Bermartabat.

Chairansyah berharap perangkat daerah agar lebih fokus pada menyusunan program prioritas untuk menangani permasalahan daerah dan sasaran pembangunan RPJMD yang belum tercapai.

Yakni dengan cara menyusun rencana kerja dengan cepat, cermat dan tepat, menyeleraskan seluruh rencana pembangunan baik dari RPJMD, Renstra PD maupun usulan pembangunan dari masyarakat terhadap kemampuan keuangan daerah.

Acara juga diisi Diskusi peserta Video Conference dipandu Asisten III, diakhiri dengan penandatangan berita acara Musrenbang RKPD HST Tahun 2021.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020