Putra Sandaga Grup mendukung upaya Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) mencegah dan meminimalisir penyebaran virus Corona(COVID-19), dengan total donasi mencapai Rp655 juta lebih.

Owner Sandaga Grup H. Jali, di Kandangan, Rabu (15/4), mengatakan donasi yang diserahkan untuk bantuan warga miskin, dan pemenuhan Alat Pelindung Diri (APD) di Rumah Sakit Umum Daerah(RSUD) Hasan Basry Kandangan.

"Donasi sebesar Rp605.400.000 untuk bantuan warga miskin, sisanya Rp50 juta akan digunakan untuk APD di RSUD Kandangan," katanya.

Dijelaskan dia, bantuan ini sebagai wujud kepedulian Sandaga Grup sebagai pengusaha lokal di HSS, agar bisa berbuat sesuatu membantu selesaikan masalah secara bersama.

Baca juga: Sebanyak 7.500 masker di Kabupaten ke Hulu Sungai Selatan didonasikan

Bupati HSS H. Achmad Fikry, mengatakan sangat berterima kasih atas dukungan dari Sandaga Grup untuk penanganan virus corona di Kab. HSS.

Dijelaskan dia, dana bantuan tersebut sebesar Rp. 605.400.000 akan disalurkan Pemkab HSS melalui Dinas Sosial untuk mengayomi 6.054 warga miskin, yang selama ini telah menerima bantuan beras sejahtera tiap bulan sebanyak 10 kilo.

Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat melalui Kementrian Sosial, Bantuan Pangan NonTunai (BPNT) yang melalui Kementrian Sosial melalui program E-Warung nominalnya naik dari Rp150 ribu menjadi Rp200 ribu.

"Untuk itu Pemkab HSS harus menyesuaikan dan berpikir mencari tambahan bantuan yang ada dan ternyata Alhamdulillah bulan ini ada Haji Jali berkenan untuk memberi menambah kekurangan yang ada,” katanya.

Menurut dia, bantuan dana tersebut tidak masuk ke kas daerah, melainkan akan langsung digunakan bersamaan dengan pemberian beras sejahtera.

Bupati juga izin dengan H Jali, donasi tersebut, tidak diserahkan dalam bentuk uang tunai, melainkan akan dibelikan berupa telur, gula, minyak goreng, misalnya dengan total nilainya Rp100 ribu.

Baca juga: Dinas PUTR HSS adopsi prosedur pencegahan Corona proyek konstruksi

Pertimbangannya kalau diserahkan uang mungkin akan dibelanjakan yang lain, sedangkan tujuan utama selain mereka dapat beras juga mendapatkan asupan-asupan gizi yang lainya.

"Alasan lain kenapa bantuan tidak diserahkan dalam bentuk uang, supaya ada perputaran ekonomi di Kabupaten HSS bisa berjalan dengan baik," katanya.

Bantuan dana tersebut diserahkan langsung owner Sandaga Grup H. Jali kepada Bupati HSS H. Achmad Fikry, di kantor bupati setempat.

Sedangkan, untuk bantuan APD diterima Direktur RSUD Kandangan Hj. Rasyidah, dan turut menyaksikan penyerahan bantuan Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad dan Sekretaris Daerah HSS H. M. Noor.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020