Sebanyak 301 dari 1.295 orang yang dinyatakan lulus jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) merupakan penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

"Berdasarkan hasil pengumuman yang sudah dirilis Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), dari 1.295 orang yang lulus di ULM, 301 diantaranya adalah penerima KIP Kuliah)," kata Wakil Rektor I Bidang Akademik ULM Dr Aminuddin Prahatama Putra di Banjarmasin, Minggu.

Pada tahun ini pendaftar SNMPTN di PTN terbaik di Kalimantan Selatan dengan akreditasi institusi A itu berjumlah 7.428 orang, dimana 6.350 orang memilih ULM sebagai PTN pilihan 1 dan 1.078 orang memilih ULM sebagai PTN pilihan 2.



Dari hasil kelulusan jalur SNMPTN tersebut, artinya ada kurang lebih 20 persen dari 6.643 daya tampung yang tersedia di ULM  tahun ini diterima melalui jalur prestasi akademik tersebut.

Adapun tiga program studi terbanyak dari 64 prodi S1 yang menerima jalur SNMPTN, yaitu Ilmu Hukum 100 orang, PGSD 60 orang dan Kehutanan 46 orang.

"Kepada para calon mahasiswa tentu kami mewakili civitas akademika ULM mengucapkan selamat atas keberhasilan Anda bisa lulus melalui Jalur SNMPTN ini," ucap Aminuddin mewakili Rektor ULM Prof Dr Sutarto Hadi.

Namun perlu diperhatikan, kata dia, status penerimaan sebagai mahasiswa akan ditetapkan setelah ULM melakukan verifikasi data akademik (rapor dan/atau portofolio), dan hasil tes kesehatan/napza, serta tes psikologi.

Karena itu, calon mahasiswa diminta memperhatikan dan membaca dengan cermat Keputusan Rektor ULM yang sudah disediakan pada web/laman:pmb.ulm.ac.id agar penetapan status sebagai mahasiswa dapat dilakukan.



Terkait beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, seperti Surat Keterangan Lulus atau Surat Keterangan duduk di Kelas 12 Tahun 2020 serta SKBB yang mungkin terkendala dalam pembuatannya oleh pihak sekolah karena masih bekerja di rumah karena pandemi COVID-19, pihak ULM akan menyesuaikan persyaratan yang harus dipenuhi dalam beberapa hari ke depan.

"Jadi mohon selalu membaca update informasi di laman: pmb.ulm.ac.id," ucapnya.

Sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena telah diterima melalui jalur SNMPTN 2020, Aminuddin minta  agar para calon mahasiswa bersedia menjadi ”Duta Pencegahan COVID-19" dengan cara membantu menyosialisasikan materi sosialisasi yang tersedia di laman LTMPT atau Satgas COVID-19 di PTN melalui berbagai media daring atau media lainnya.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020