Ketua DPRD Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Akhmad Fahmi, menyampaikan sebagai wujud dukungan  program pemerintah dalam upaya penanganan Virus Corona (COVID-19) di Kabupaten HSS, maka DPRD sepakat memangkas anggaran DPRD HSS.

Ia mengatakan, pemangkasan anggaran tersebut dengan total Rp1,7 Milyar, baik dari perjalanan dinas, Bimbingan Teknis (Bimtek), setoran BPJS dan dana kegiatan DPRD HSS.

Baca juga: Achmad Fikry : 4.800 lebih warga HSS terdampak COVID-19 akan diberikan bantuan

"Rinciannya pemangkasan dari perjalanan dinas pimpinan dan anggota Rp.1,1 miliyar lebih, perjalanan dinas pimpinan dan anggota DPRD HSS mengikuti Bimtek Rp255 juta, dan setoran BPJS Ketenaga kerjaan Rp23 juta, dengan total yang dipangkas sebesar Rp1,7 miliar lebih," katanya.

Dijelaskan dia, DPRD HSS mendukung penuh dan memberikan apresiasi terhadap upaya yang dilakukan pemerintah daerah dalam penangangan COVID, dana yang dipangkas tersebut akan dikumpulkan dan dikelola pemerintah, melalui dinas atau OPD terkait.

Pengelolaan dana melalui dinas atau OPD terkait, seperti di Dinas Kesehatan HSS dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Brigjend H Hasan Basry, karena mereka yang memiliki data apa yang diperlukan untuk penangangan COVID-19.

Baca juga: Musrebang Kabupaten HSS melalui Vicon dari enam tempat

Baik untuk terpenuhinya kebutuhan masker, Alat Pelindung Diri dan lainnya, serta diharapkanny juga dukungan dari masyarakat untuk bersama-sama, mematuhi himbauan pemerintah, budaya hidup sehat, seperti cuci tangan pakai sabun dan lainnya.

Diketahui, dalam Musrenbang Kabupaten HSS, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS Rabu (8/4), ditahap awal dialokasi Rp8 Milyar dalam penangangan dan dampak wabah COVID-19, dengan total dana yang terkumpul dari reposisi dan refocus dana anggaran sekitara Rp17 Miliar untuk COVID-19

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020