Kodim 1008/Tanjung menggelar aksi donor darah untuk membantu mengatasi stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Tanjung, Kabupaten Tabalong, Kalsel, yang kian menipis.

"Bakti sosial ini kita lakukan untuk membantu PMI dan rumah sakit setempat dalam penyediaan darah khususnya antisipasi corona," jelas Dandim 1008/Tanjung Letkol Inf Ras Lambang Yudha di Tanjung, Selasa.

Dikatakannya, stok darah di Palang Merah Indonesia Cabang Tanjung, Kabupaten Tabalong minim menyusul tingginya permintaan dari RSUD H Badaruddn Kasim Tanjung.

Kondisi ini pun memotivasi jajaran Kodim 1008/Tanjung untuk melaksanakan kegiatan donor darah untuk menambah stok darah yang ada di PMI.

Donor darah diikuti personel Kodim 1008/Tanjung, anggota Kompi A Yonif 621/Manuntung, Rutan Tanjung, Forum Komunikasi Putra - Putri Purnawirawan (FKPPI), Pemuda Pamca Marga dan Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXXI.

Ras Lambang juga mengatakan para pendonor juga menjalani pemeriksaan kesehatan, menggunakan masker dan jaga jarak fisik untuk antisipasi penyebaran COVID - 19.
Baca juga: Stok darah minim, Kodim 1008/Tanjung laksanakan donor darah
Baca juga: Ketua PMI Tanah Bumbu serukan donor darah
Baca juga: Sambut HKSN, Pemko Gelar Donor Darah
Dalam kegiatan ini berhasil dikumpulkan 23 kantong darah dari para pendonor yang mengikuti bakti sosial tersebut.

"Donor darah selain jadi langkah sehat juga membantu warga yang membutuhkan," ungkap Pasi Teritorial Kodim 1008/Tanjung Kapten Inf Pasidi.

Terpisah perwakilan PMI Kabupaten Tabalong Reza mengatakan permintaan darah dari RSUD H Badaruddin Kasim Tanjung capai 250 kantong per bulannya.

"Stok darah memang makin menipis dan kami berharap masyarakat bisa mendonorkan darahnya agar persediaan darah mencukupi," jelas Reza.

Selama wabah Corona, PMI setempat membuka kegiatan donor darah di UTD PMI Kabupaten Tabalong Jalan PHM Noor Kilometer 2 Kelurahan Pembataan. 

Pewarta: Gunawan Wibisono/Herlina Lasmianti

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020