Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Eddy Binti, menyampaikan GAPKI Kalsel berkomitmen untuk mendukung program pemerintahan dalam penanganan pencegahan Virus Corona (COVID-19).

Ia mengatakan, kepedulian tersebut dengan memberikan bantuan bahan baku cangkang Sawit untuk pembuatan asap cair Disinfektan secara massal, untuk memenuhi kebutuhan penyemprotan pencegahan penularan virus.

"Ada 18 Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) binaan dari Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalsel dan 21 Kelompok Tani Hutan (KTH) binaan Dinas Perhutanan Kalsel yang dibantu," katanya, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Senin (6/4) pagi.
Penyaluran bantuan cangkang Sawit Gapki Kalsel peduli cegah Covid-19 (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: Gapki Kalsel mendorong ekspor sawit tak lagi bentuk CPO

Dijelaskan dia, pembuatan asap cair Disinfektan dari cangkang Sawit ini merupakan hal baru, dan ini diharapkan menjadi solusi terkait dengan tingginya permintaan masyarakat terhadap kebutuhan Disenfektan dalam upaya penanganan COVID-19.

Bantuan cangkang Sawit dari GAPKI tersebut, seperti di salah satu UPBB di Tanjung, Kabupaten Tabalong, dengan bantuan 8 kubik cangkang Sawit per UPBB, maka hingga hari ini UPBB mampu menghasilkan kurang lebih asap cair 20 hingga 25 liter per hari.

Untuk UPBB yang dibantu, antaralain di Kabupaten Tanah Laut diterima Gapoktan Karya Bersama, Kabupaten Banjar RPBSK Langla, Kabupaten Tabalong untuk UPBB Ngudi Mulyo dan UPBB Sinar Mulya, Kabupaten Tanah Laut untuk UPBB Kapekate dan UPBB Mugi Rahayu.
 
Penyaluran bantuan cangkang Sawit Gapki Kalsel peduli cegah Covid-19 (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: GAPKI kerahkan 340 Punggawa Fire apel kesiapsiagaan bencana nasional

Penyaluran bantuan cangkang Sawit antara lain oleh, GMK, Kharisma Inti Usaha, dilanjutkan besok Selasa (7/4), Hasnur Citra Terpadu dan Barito Putra plantation dan akan disusul lagi CPKA 2,  KIU 3, GMK 1, BKB 2, HASNUR 2, dan Astra 4.

Kabupaten Tanah Bumbu UPBB Damar Jaya dan UPBB Rejowinangung Jaya Makmur, Kabupaten Balangan diterima UPBB Melati Permai, Kabupaten Kota Baru diterima UPBB Makmur dan di Hulu Sungai Selatan di terima UPBB Telaga Warga.

Kabupaten Tanah Bumbu di terima UPBB Mulia Makmur, UPBB Tani Jaya, UPBB Sido Mulyo, UPBB Berkah Usaha, UPBB Batu Licin Irigasi, UPBB Al Ma'wa dan di terakhir di Kabupaten Balangan UPBB Sungai Kihung Lestari.
 
Penyaluran bantuan cangkang Sawit Gapki Kalsel peduli cegah Covid-19 (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Baca juga: 50 anggota GAPKI Kalsel dukung industri sawit berkelanjutan

"UPBB yang kita bantu cangkang Sawitnya ini juga merupakan penerima bantuan alat asap cair dari Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Dinas Perkebunana dan Peternakan Kalsel, begitupun 21 KTH juga dibantu juga telah memiliki alat yang serupa," katanya.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalsel, Suparmi, mengatakan dengan adanya produksi asap cair Disinfektan dari bahan cangkang Sawit menjadikan kegembiraan dan ketenangan karena sudah bisa membuat sendiri, dalam memenuhi kebutuhan penyemprotan Disinfektan di daerah.

Ditambahkan dia, asap cair yang diproduksi tersebut dapat langsung dipakai dengan konsentrasi satu persen, maka untuk satu liter asap cair dicampukan ke 100 liter air bisa langsung disemprotkan.
 
Penyaluran bantuan cangkang Sawit Gapki Kalsel peduli cegah Covid-19 (Antarakalsel/Fathur/Ist)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020