Seorang khatib, H Ismail Sani mengajak kaum Muslim agar menyambut Ramadhan 1441 Hijriah atau dalam waktu yang tidak berapa lama lagi dengan gembira serta hati yang tulus ikhlas.

Ajakan khatib yang bergelar sarjana agama tersebut dalam khotbah menjelang shalat Jumat di Masjid Assa'adah Komplek Beruntung Jaya Banjarmasin pada 9 Sa'ban  1441 H yang bertepatan 3 April 2020.

"Selain itu, kita maknai bulan Sa'ban ini dengan hati yang suci serta perbuatan yang baik," ajaknya dalam khotbah yang sikat atau cuma sekitar tiga menit tersebut mengingat anjuran jangan berlama-lama dalam saat suasana virus Corona atau COVID-19 yang mewabah.

Sang khatib yang juga mengimami shalat Jumat tersebut hanya membaca Surah Al Kafirun pada raka'at pertama, dan Surah Al Ikhlas di rakaat kedua, serta doa sesudah salam tanpa wirid panjang seperti biasa - sewaktu belum mewabah Corona.

Ketua Pengurus Masjid Assa'adah Komplek Beruntung Jaya Banjarmasin mengaku senang, pelaksanaan shalat Jumat berlangsung aman dan lancar, serta khatib/imam dengan bacaan pendek.

Pantauan Antara Kalsel, banyak masjid di ibu kota provinsi atau Banjarmasin yang berjuluk kota seribu sungai tersebut meniadakan shalat Jumat guna mematuhi imbauan pemerintah serta Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Masjid-masjid yang tidak melaksanakan Jumatan (shalat Jumat) pada 3 April 2020 juga hampir di seantero kota di Kalsel yang terdiri atas 13 kabupaten/kota, seperti Kandangan (135 kilometer utara Banjarmasin), ibu kota Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS).

Sementara pada salah satu desa di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalsel penduduk setempat membagi kegiatan shalat Jumat dengan tiga tempat (tidak cuma di masjid) guna mengungkap jumlah orang banyak, yang terpenting terpenuhi rukunnya.
Jemaah shalat Jumat yang memenuhi ruangan masjid (3/4). (Syamsuddin Hasan) ku

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020