Sejumlah wakil rakyat Kalimantan Selatan (Kalsel) ramai-ramai menyumbangkan gaji mereka untuk penanganan virus Corona atau Covid-19 di provinsinya yang masih merebak hingga belakangan ini dan belum kapan berakhir. 

Pantauan Antara Kalsel di Banjarmasin, Rabu melaporkan, beberapa wakil rakyat provinsi tersebut yang menyumbangkan gaji mereka antara lain H Syafruddin H Maming dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Syafruddin S.Sos atau yang akrab dengan sapaan Cuncung itu anggota DPR RI asal daerah pemilihan (Dapil) Kalsel menyumbangkan 50 persen gajinya untuk penanganan Covid-19 di provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota tersebut.

Selain itu, Wakil Ketua DPRD Kalsel Muhammad Syaripudin SE atau yang akrab dengan sapaan Bang Dhin tersebut menyumbangkan enam bulan gaji buat penanganan Covid-19 di provinsinya yang kini berpenduduk lebih empat juta jiwa.

Bang Dhin yang juga Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Kalsel itu mengaku terenyuh melihat kondisi warga masyarakatnya seiring dengan mewabah virus Corona.

"Persoalan virus Corona merupakan hal yang serius dan harus ada kebersamaan dalam penanganan," ujar wakil rakyat asal Dapil Kalsel VI/Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) tersebut.

"Sebenarnya gaji yang saya sumbangkan mungkin belum sebanding dengan persoalan virus Corona yang juga melanda negeri ini. Tetapi dengan kebersamaan kita berharap Covid-19 segera berlalu," demikian Bang Dhin.
Wakil Ketua DPRD Kalsel Muhammad Syaripudin yang menyumbangkan enam bulan gaji untuk penanganan virus Corona. (Syamsuddin Hasan)

Sebelumnya, anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Kalsel Muhammad Yani Helmi juga menyatakan, terhitung mulai April 2020 menyumbangkan 50 persen gaji untuk penanganan Covid-19.

Wakil rakyat asal Dapil Kalsel VI itu berharap, apa yang dia lakukan menginspirasi pejabat dan anggota DPRD lain, serta pengusaha atau orang yang berkemampuan untuk bersama-sama menanggulangi mewabahnya Covid-19.

Selain menyumbangkan separoh gaji, dia mengaku dengan swadana melakukan penyemprotan disinfektan pada kawasan rukun tetangga (RT) lingkungan tempatnya tinggal.v

Pernyataan Paman Yani (sapaan akrab terhadap Muhammad Yani Helmi) itu sesudah menghadiri rapat DPRD Kalsel bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 provinsi setempat, 30 Maret lalu.
Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Kalsel Muhammad Yani Helmi yang menyumbangkan separoh gaji untuk penanganan virus Corona. (Syamsuddin Hasan)

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020