Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melakukan penyemprotan secara serentak di Kabupaten HSS, sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19).

Bupati HSS H Achmad Fikry, di Kandangan, Selasa (31/3), mengatakan penghargaan dan terima kasih kasih kepada jajaran Polres HSS yang telah menginisiasi kegiatan penyemprotan serentak ini, ikhtiar untuk memberikan perlindungan dan rasa aman terhadap masyarakat HSS.

“Kita berharap penyemprotan ini menjadi bagian untuk memberikan perlindungan sekaligus meyakinkan masyarakat HSS bahwa pemerintah itu ada bersama mereka menghadapi Covid-19 ini,” katanya, saat memimpin apel penyemprotan serentak, di Lapangan Basket MTQ Kandangan.

Baca juga: Direktur RSUD Kandangan : Jumlah APD terbatas, bantu kami dengan tetap di rumah

Dijelaskan dia, langkah ini tentu harus dikembangkan dimasa yang akan datang, dan tiada kata pilihan lain selain bersatu merapatkan barisan untuk menghadapi Covid-19. Meninggalkan sekat sekat ego sektoral karena yang dihadapi adalah satu, bagaimana mengamankan masyarakat HSS dari Covid-19.

Masalah saat ini setiap hari angka Orang Dalam Pemantauan (ODP) terus meningkat, seiring dengan semakin banyaknya warga yang datang ke kabupaten HSS yang berasal dari luar daerah.

Permasalah ini menjadi pekerjaan rumah, dan pihaknya telah meminta kepada para camat, danramil, kapolsek, untuk memonitor warga yang baru pulang dari luar daerah, memanfaatkan Ramadan dan libur pulang ke daerah.

Baca juga: Mobil penerangan Dinas PPKBPPPA HSS keliling sosialisasi pencegahan Corona

"Akan kita pantau selama 14 hari ke depan, dan tentu sangat kita harapkan karena mereka melakukan isolasi mandiri dan harus berada dirumah, tidak berjalan ke situ kemari,” katanya.

Penyemprotan ini didukung peran SKPD terkait, serta di perkuat dengan 17 buah armada tangki BPK/PMK se Kabupaten HSS serta satu buah mobil water canon milik Polres HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020