Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Darul Azhar Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan,  membagikan "Hand Sanitizer" atau antiseptik untuk membersihkan tangan tanpa dibilas kepada masyarakat "Bumi Bersujud" secara gratis.

Dosen Farmasi pada Stikes Darul Azhar, Muhammad Rifki Shindi Praristiya, di Batulicin, Ahad mengatakan, sekitar 300 botol hand sanitizer dibagikan ke masyarakat agar terhindar dari serangan virus Covid-19 yang saat ini melanda dunia.

"Saat membagikan hand sanitizer kami juga melakukan sosialisasi terkait tatacara cuci tangan yang benar dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat," kata Rifki.
 
Implementasi pembagian hand sanitizer dan sosialisasi kali ini dilakukan sedikit berbeda, yaitu melalui "door to door" kepada masyarakat. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan yang malah memperparah penyebaran infeksi Virus Covid-19.

Disamping itu, para mahasiswa juga menyampaikan imbauan pemerintah agar para masyarakat berdiam di rumah atau mengurangi aktivitas di luar rumah agar penyebaran Virus Covid-19 dapat tertanggulangi.

Salah satu warga Simpang Empat, Umi Farah mengungkapkan bahwa pihaknya sangat senang bahwa Stikes Darul Azhar membagikan hand sanitizer.

"Kami berharap Stikes Darul Azhar dapat memproduksi lebih banyak untuk masyarakat karena dipasaran saat ini sangat sulit untuk mencari hand sanitizer," ujarnya.

Pihak Kepolisian dan Kodim 1022 juga mengapresiasi langkah Stikes dan menyarankan agar memperbanyak produksi untuk kemudian dibagikan kembali ke masyarakat.

"Kami berusaha semaksimal mungkin dapat membantu masyarakat terkait pencegahan Virus Covid-19, terutama kepada tenaga kesehatan yang saat ini berjuang di garda terdepan," pungkas Rifki yang juga sebagai Koordinator Kemahasiswaan dan informatika Stikes Darul Azhar.
(Antaranews/Stikes/Rifki/sjd)

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020