Merasakan langsung Program strategis nasional berupa Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) - Kartu Indonesia Sehat (KIS) Program BPJS Kesehatan, Saprudin warga Desa Hujan Mas, Kecamatan Paringin, ibukota Kabupaten Balangan, Kalsel, menjalani operasi tumor mata di RS Soetomo, Surabaya, Jawa Timur.

Hingga saat ini, Saprudin melakukan perawatan untuk penyembuhan pasca operasi tumor pada bagian mata kanannya.

Didampingi Direktur RSUD Balangan, Dr Ferry, Saprudin menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Pemerintah Kabupaten Balangan, yang telah memfasilitasi warga dengan capaian Cakupan Kesehatan Semesta atau Universa Health Coverage (UHC) sejak 1 Januari 2018 lalu.

Bukan hanya terkait BPJS kesehatan, ia juga menyampaikan terimakasihnya karena telah pula difasilitas berupa transfortasi dan akomodasi selama menjalani perawatan pasca pengobatan operasi mata di RS Soetomo Surabaya.

Direktur RSUD Balangan, Dr Ferry menjelaskan, bahwa Saprudin merupakan Pasien  pemegang BPJS Kesehatan yang telah dijaminkan oleh APBD Pemkab Balangan. Dan telah dilakukan penanganan melalui operasi tumor di mata kanan di RS Soetomo Surabaya pada tanggal 10 Februari 2020 lalu.

"Saat ini Saprudin akan melakukan perawatan dan penyembuhan selama 23 hari di RS Soetomo Surabaya, dan Alhamdulillah biaya mulai dari transportasi dan akomodasi selama perawatan dibantu oleh Bupati Balangan," Ucapnya.

Dikesempatan tersebut, Bupati Balangan H Ansharuddin, menyampaikan bahwa kesehatan warga masyarakat merupakan program prioritas Pemkab Balangan. 

Berawal dari laporan masyarakat, bahwa ada warga yang menderita tumor mata dan tergolong warga tidak mampu, sehingga dirinya langsung minta kepada dinas terkait untuk segera dapat memberikan bantuan dan upaya pengobatan yang dibutuhkan.

"Saat itu saya tegaskan dan yakinkan Saprudin harus mendapatkan pengobatan yang lebih baik agar dapat sembuh dari penyakitnya," terang Ansharuddin.

Bupati Ansharuddin juga menyampaikan apresiasi kepada warga masyarakat dan organisasi sosial kepemudaan yang memberikan laporan terkait warga yang kesulitan dalam pengobatan sehingga pemerintah juga bisa bertindak cepat dalam menanganinya.

Ia berharap, agar warga lebih aktif memeriksakan penyakitnya pada pelayanan kesehatan ke petugas kesehatan ataupun ke Puskesmas dan Rumah Sakit. 

"Kita telah menyiapkan bantuan kesehatan bagi warga, baik dari bantuan BPJS atau pun program bantuan kesehatan lain yang disiapkan Pemkab Balangan," imbaunya.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020