Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry, menyampaikan dalam menghadapi isu Corona agar masyarakat Kabupaten HSS jangan panik dan pihaknya juga akan aktif dalam sosialisasi dan pencegahan terhadap penularan Virus COVID-19 tersebut.

Ia mengatakan, Pemkab HSS telah melaksanakan sosialisasi hari ini, Kamis (5/3) untuk semua kepala dinas dan camat mengenai virus corona dalam rapat koordinasi (Rakor) bulanan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS dengan narasumber dokter spesiali paru.

"Sosialisasi ini supaya semua pejabat dil ingkungan Pemkab HSS mengenal dan mengetahui jenis virus corona, selanjutnya disebarkan ke masyarakat agar masyarakat tidak perlu panik,” katanya.

Dijelaskan dia, dengan sudah mengenal jenis virus Corona, dapat menjaga kebersihan diri masing-masing dan jika terjadi gejala-gejala segera ke pusat kesehatan yang tersebar di 11 Kecamatan di Kabupaten HSS.

Baca juga: RSUD Kandangan siapkan kamar isolasi pasien Corona

Begitupun, rumah sakit yang ada di Kabupaten HSS secara berjenjang siap melayani, jika ada pasien yang membutuhkan perawatan apabila ada temuan kasus Corona.

Pemkab HSS akan melakukan pengecekan ketersedian masker di sejumlah penjual yang ada di Kabupaten setempat, dan kembali warga dihimbau jangan memborong masker.

Selain itu, pihaknya terus mendorong masyarakat merubah prilaku supaya terus berperilaku hidup sehat, sehingga dapat mencegah berbagai penyakit dan menggalakkan mencuci tangan pakai sabun.

Sementara itu, Kapolres HSS AKBP Dedy Eka Jaya melalui Kasubbag Humas Iptu H Gandhi Ranu Subekti, mengatakan Polres HSS pada Selasa (3/3), telah melaksanakan monitoring, terkait isu wabah virus corona.

Baca juga: Warga Banjarmasin yang sempat bersentuhan WN Jepang, negatif COVID-19

"Monitoring dilaksanakan ke Dinkes HSS, pedagang sembako di Pasar Los Batu Kandangan, dan apotek-apotek setempat, monitoring dilakukan untuk memantau apakah ada warga yang terjangkit Corona serta ketersediaan masker," katanya.

Menurut dia, dari hasil monitoring ke Dinkes HSS diperoleh keterangan sampai saat ini tidak ada warga HSS yang terjangkit virus Corona, hasil monitoring ketersediaan masker terhadap beberapa apotek besar di HSS diketahui telah terjadi kekosongan stok.

Pihak apotek belum berencana menyediakan lagi dikarenakan saat ini harga belinya sudah mahal sehingga akan susah menjualnya kembali, kekosongan ini juga terjadi di Apotek Kimia Farma Kandangan sebab belum menerima distribusi dari pusat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020