Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) memberikan penyuluhan terkait pencegahan virus Corona ke seluruh pelajar SMP yang ada di Kota Banjarmasin.

"Kami berikan penyuluhan ini agar penyebaran virus Corona tidak terjadi di lingkungan pelajar dan para pelajar tahu apa itu virus Corona serta bagaimana cara melakukan pencegahannya," ucap Kepala Bidang Dokkes Polda Kalsel, Kombes Pol dr Erwinn Zainul Hakim di Banjarmasin, Jumat.

Menurutnya, dalam penyuluhan itu Biddokkes Polda Kalsel menerjunkan 54 personel ditambah 13 personel dari pihak Urkes Polres jajaran.

"Ada sekitar 20 SMP yang ada di kota ini kami berikan penyuluhan dan semua pelajar sangat antusias mendengarkannya pengarahan yang diberikan oleh petugas kami di lapangan," tambah perwira menengah Polri itu.

Materi yang disampaikan dalam penyuluhan ke SMP-SMP di kota ini diantaranya pemakaian masker bagi yang sakit dan bagi sehat tidak perlu, penyakit bisa sembuh sendiri dan bisa cegah dengan daya tahan tubuh yang baik.

Kemudian, materi berikutnya cara cuci tangan yang baik dan benar serta pemakaian hand sanitizer atau antiseptik seperlunya, gerakan hidup sehat dengan jalan kaki minimal dua kali seminggu (gerakan 10.000 langkah).

Selanjutnya, mengurangi kontak fisik dengan orang lain dengan tidak mengurangi rasa hormat salaman tangan diganti nameste, kemudian imbauan membawa sejadah, sapu tangan/kain bersih sendiri apabila melaksanakan shalat di masjid atau mushalla.

Sedangkan, materi terakhir yang disampaikan selalu berpikir positif dan berdoa kepada tuhan mohon perlindungannya. Selanjutnya kegiatan penyuluhan itu ditutup dengan "demontrasi cuci tangan" dan "senam AW".

"Semoga penyuluhan yang kami berikan ke para pelajar SMP se Kota Banjarmasin ini bisa bermanfaat dan semuanya bisa terhindar dari penularan virus Corona dan penyakit COVID-19," harapnya.

 

Pewarta: Gugun

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020