Oleh Gunawan Wibisono

Banjarmasin, (Antaranews.Kalsel) - Kepolisian Daerah (Polda) Kalsel melaksanakan gelar pasukan dalam rangka Operasi Lilin 2013 di halaman Polresta Banjarmasin untuk persiapan menjelang perayaan Natal dan tahun baru 2014 di seluruh wilayah provinsi tersebut.

Kepala Bagian Operasi Polresta Banjarmasin, Kompol Andri Koko Prabowo Sik MH di Banjarmasin, Sabtu mengatakan, pelaksanaan gelar pasukan itu dilakukan pada Sabtu (21/12) pagi sekitar pukul 08.00 wita, di halaman Polresta Banjarmasin.

Dalam upacara gelar pasukan Operasi Lilin 2013 itu, sebagai Inspektur Upacara di ambil alih langsung Kapolda Kalsel, Brigjend Pol Machfud Ariffin.

Bukan itu saja, pasukan pelaksanaan gelar operasi tersebut teridiri dari unsur-unsur pengamanan, diantaranya TNI-AD, Polisi, Polisi Militer serta Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan serta lainnya.

Dikatakan, Operasi Lilin 2013 ini dilaksanakan mulai Sabtu (21/12) hingga tahun baru nantinya, dan operasi ini sifatnya melakukan pengamanan terhadap dua perayaan besar itu.

Selain itu, tujuan dari operasi lilin ini untuk menjaga dan mengamankan jalannya ibadah serta perayaan Natal yang dilakukan oleh kaum nasrani yang ada di Banjarmasin serta daerah lainnya.

"Kita akan melakukan pengamanan terhadap pelaksanaan Natal serta wkatu pelaksanaan ibadahnya, dan setiap orang yang kita curigai akan kita amankan untuk dimintai keterangan," ucapnya.

Bukan itu saja, setiap patrol di jajaran Polresta Banjarmasin selalu melakukan patroli kewilayahan setiap harinya dan selau lakukan pengawasan terhadap tempat ibadah sepert Gereja.

Terus dikatakan, Polresta Banjarmasin juga melakukan pengamanan terhadap masyarakat yang melaksanaan perayaan tahun baru 2014 di Kota Banjarmasin.

"Kita berharap dua perayaan besar yang menjadi tujuan utama pengamanan dalam operasi ini semoga nantinya bisa berjalan lancar dan tidak ada kendala serta kejadian menonjol di lapangan," terang pria lulusan Akpol angkatan 1999.

Pewarta:

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2013