Direktur Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kalimantan Selatan (Kalsel), Kombes Pol Andi Azis Nizar meminta jamaah Haul Ke-15 KH Zaini bin Abdul Ghani atau akrab disapa Guru Sekumpul untuk tidak memaksakan diri mengemudikan kendaraan jika lelah menuju kembali ke daerah masing-masing.

"Utamakan keselamatan di jalan raya. Kalau merasa capek atau mengantuk, jangan memaksakan diri. Istirahat saja dulu di rest area yang tersedia," kata
Andi di Martapura, Minggu malam.

Andi yang ditemui di Pos Lantas Sekumpul saat memantau kepulangan jamaah usai mengikuti Haul Guru Sekumpul menambahkan, kepadatan arus kendaraan bakal terjadi hingga besok hari.

Sehingga jika tidak memungkinkan untuk pulang malam ini misalnya capek atau mengantuk, maka sebaiknya beristirahat menunggu besok hari, ujar dia.

Dirlantas pun mengaku telah menginstruksikan anggotanya dan juga Kepala Satuan Lantas Polres jajaran agar mengerahkan personel secara maksimal guna mengatur kelancaran arus lalu lintas kepulangan jamaah.

"Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, untuk jamaah yang jauh di luar Kalsel seperti Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur biasanya pulang besok. Jadi, kondisi ini harus diantisipasi," tambahnya.

Kepada jamaah, Andi mengimbau agar tetap mematuhi arahan petugas dan relawan di lapangan, sehingga segala sesuatu yang tidak diinginkan tak terjadi.

Puncak Haul Guru Sekumpul pada Minggu malam dipadati jamaah yang diperkirakan mencapai jutaan orang. Polantas pun menerapkan "Contraflow" atau pengaturan lalu lintas dengan mengubah arah normal arus kendaraan untuk menjaga kelancaran arus kendaraan jamaah saat pulang meninggalkan Kota Martapura.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020