Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) melalui Dinas perpustakaan mengadakan lomba bercerita tingkat siswa SD sederajat Tahun 2020 sekaligus penyerahan hadiah pemenang lomba perpustakaan tingkat SD, SMP, SMA se-HST di Gedung Murakata, Kamis (27/2).

Sekretaris Dinas Perpustakaan HST, Husni Bakhtiar menyampaikan, bahwa tujuan diadakannya lomba ini adalah untuk menumbuh kembangkan kegemaran membaca melalui berbagai macam bacaan dan media.

Selain itu juga, untuk menambah cinta kebudayaan bangsa, persatuan dan kesatuan serta nasionalisme, menarik minat baca anak tentang buku budaya daerah dan nusantara, membina bakat dan membiasakan anak untuk hidup cerdas, memiliki mental kreatif, inovatif dan siap berkopetensi.

Sebelumnya, panitia pelaksana, Hj Noor asiah Ariani menyampaikan, lomba bercerita tingkat SD sederajat ini diikuti siswa siswa-siswi kelas 4 dan 5 yang berjumlah 12 orang dengan materi lomba adalah cerita rakyat Kalsel yang di bawakan dengan bahasa Indonesia.

Sedangkan untuk lomba perpustakaan yang berjumlah 4 lomba yaitu perpustakaan SD sederajat yang berjumlah 27 perpustakaan, perpustakaan SMP sederajat berjumlah 34 buah dan SMA sederajat berjumlah 25 buah dan perpustakaan desa atau kelurahan berjumlah 19 buah.

Jadi, jumlah keseluruhan peserta lomba bercerita dan perpustakaan adalah 117 peserta. Masing-masing pemenang  mendapatkan tropy dan piagam penghargaan serta uang pembinaan. 

Juri untuk lomba bercerita adalah H Misbah munir, Rahmiyati dan Muhammad Fuad Rahman.

Sedangkan juri untuk lomba perpustakaan adalah H Misbah munir, Hj Nor Asiah Aryanie dan Rahmadi.

Juara lomba bercerita tingkat siswa SF sederajat diraih oleh Siti Nur Qanita perwakilan dari SDN Barabai timur 2 sebagai juara satu. Nabela Syarefa perwakilan SDN Barabai timur 3 sebagai juara dua, dan Asyifa Putri Kamila perwakilan dari SDN Barabai timur 1 sebagai juara tiga. 

Sedangkan pemenang lomba perpustakaan tingkat SD/ MI diraih oleh SD Islam Terpadu Al-khair sebagai juara pertama, SDN hantakan sebagai juara ke dua dan SDN 1 barabai timur sebagai juara ke tiga.

Pada tingkat SMP/ MTS juara pertama diraih oleh SMPN 19 HST, juara kedua diraih oleh MTSN 7 HST, juara ke tiga diraih oleh MTSN 4 HST.

Dan untuk tingkat SMA/ SMK/ MA peraih juara pertama adalah SMKN 1 Barabai, juara kedua adalah SMAN 8 Barabai, juara ketiga adalah MAN 2 Barabai.

Sedangkan pada tingkat Desa/ Kelurahan juara pertama diraih oleh Desa Mahela perpustakaan laskas pelangi Kecamatan Batang Alai Selatan (BAS), juara kedua diraih oleh Desa Pagat perpustakaan sumber ilmu Kecamatan Batu Benawa dan juara ke tiga diraih oleh Desa lok Besar perpustakaan sejati Kecamatan Batang Alai Selatan.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020