Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H. Achmad Fikry bersama KH Muhammad Ridwan Basri atau akrab dipanggil Guru Kapuh, melaksanakan kegiatan pemantauan sejumlah posko dan rest area haulan Guru Sekumpul ke-15 yang ada di Kabupaten HSS.

Ia mengatakan, telah melakukan pemantauan dengan meninjau secara langsung beberapa titik tempat peristirahat atau rest area, mulai dari yang ada di Kecamatan Kalumpang, Sungai Raya, hingga Kecamatan Angkinang.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah menyiapkan dan mendirikan rest area, ini sangat menolong jamaah haul yang dari jauh bisa makan dan minum serta istrahat di rest area," katanya, disela kegiatan pemantauan, Kamis (27/2).

Dijelaskan dia, apa yang dilakukan ini agar dapat memberi kemudahan bagi jemaah Haul Akbar Abah Guru Sekumpul. kemudian nantinya pada saat arus kedatangan dan arus balik berjalan dengan lancar tanpa ada sesuatu hal, hingga selamat sampai ke tujuan.

Pihaknya melakukan pengecekan dengan Kasatlantas Polres HSS Kasatlantas Apriyansa Sinatra dan bersyukur saat ini masih lancar arus lalu lintasnya, dan tak lupa pula mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat, khususnya kepada Guru Kapuh yang mengkoordinir 2.551 orang relawan.

Baca juga: Bupati HSS ingin kembalikan kejayaan Madrasah Darul Ulum

Para relawan diharapkan dapat membantu untuk mengatur dan memperlancar arus lalu lintas kita, sehingga para jemaah dapat nyaman dan terlayani serta semua berangkat dengan selamat, pulang pun dengan selamat.

Ketua MUI HSS KH Muhammad Ridwan Basri, mengatakan dengan semangat yang dilihat hari ini dari masyarakat dan relawan agar dapat berkelanjutan, karena saat ini baru H -3.

"Sementara kita kemungkinan sampai H +3, jadi kurang lebih satu minggu. jadi jangan sampai hari pertama ini semangatnya luar biasa, jangan sampai mengendor bahkan dihari hari berikutnya harusnya semakin semangat lagi," katanya.

Relawan di Mesjid Al Abrar, Salapuddin, mengatakan ketika Rest Area Mesjid Al Abrar pada sore Rabu, para Jamaah Haul dari Kaltim, Kalteng dan Tanjung sudah mulai berdatangan, bahkan tadi subuh kedatangan tiga buah Bus dari Kaltim dan pihaknya bisa melayani.

Menurut dia, semua makanan dan minuman yang disediakan di Rest Area Mesjid Al Abrar merupakan bantuan dari para jamaah Mesjid dan Pengajian Mesjid Al Abrar, bahkan ada juga yang memberi bantuan ini dari Kabupaten Tapin. Rest Area ini dibuka 24 jam maka relawan yang bertugas ini bergantian.

Pemantauan dilakukan usai Bupati HSS menghadiri Isra Mir’raj dan Haul Guru Sekumpul PGRI di Kecamatan Simpur. bertolak dari Simpur menuju Posko dan Rest Area di Kecamatan Kalumpang.

Di Rest area ini akan menyambut para jamaah Haul yang akan melewati jalur alternatif ke Sekumpul yakni dengan jalur Rutenya, Kecamatan Simpur dan Kalumpang menuju Margasari, Jejangkit dan sampai di Martapura, ini untuk antisipasi kemacetan dijalur utama yakni di Jalan A Yani.

Baca juga: Pemkab HSS seleksi delapan orang calon TPHD dan TPHI

Kemudian, setelah meninjau Posko dan Rest Area di Kecamatan Kalumpang, Bupati HSS bersama Guru Kapuh bertolak menuju Rest Area di Sungai Raya yang berlokasi di Masjid Al Ahdal.

Bupati dan Guru Kapuh disambut Kasatlantas Apriyansa Sinatra, setelah itu peninjauan menuju Ke Kecamatan Angkinang, di sepanjang jalan dari dan ke Angkinang terlihat banyak masyarakat mendirikan Rest Area, yang menyediakan makan-minum dan tempat istirahat.

Sesampainya di Kantor Kecamatan Angkinang, Bupati HSS dan Guru Kapuh balik lagi ke arah Kandangan dan singgah di Rest Area Masjid Al Abrar Gambah Luar, dan berbincang bincang dengan para jemaah Haul yang mampir direst area Masjid Al Abrab Gambah Luar, dilanjutkan Sholat Zuhur berjamaah.

Peninjauan Posko dan Rest Area dilanjutkan menuju Rest Area Desa Gambah Luar Muka Langgar Darul Muqarrabin, dan berakhir di Rest Area Relewan Kota Kandangan, yang berlokasi di halaman dan jalan MTQ Kandangan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020