Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Banjarbaru Arih Dwi Prasetyo mengimbau masyarakat Banjarbaru menyukseskan Sensus Penduduk 2020 baik melalui dalam jaringan (online) maupun wawancara. 

"Sensus penduduk merupakan program pemerintah sehingga kami mengimbau seluruh masyarakat Kota Banjarbaru menyukseskannya dengan mengisi secara benar dan jujur," ujarnya di Banjarbaru, Kamis. 

Ia mengatakan, sesuai jadwal sensus penduduk secara online dilaksanakan sejak 15 Februari hingga 31 Maret 2020 dan sensus wawancara pada tanggal 1-31 juli 2020 dari rumah ke rumah melalui petugas sensus. 

Dijelaskan, sensus online dilakukan masyarakat masyarakat sendiri atau mandiri dengan mengakses website sensus.bps.go.id dan mengisi setiap pertanyaan yang diperlukan terkait beberapa informasi. 

"Pengisian dilakukan secara mandiri oleh masyarakat baik kepala keluarga maupun anggota keluarga yang lain. Setiap data yang diisi akan dijamin kerahasiaannya sehingga diharapkan diisi secara benar dan jujur," pesannya. 

Sementara, sensus wawancara akan dilakukan petugas sensus yang sudah dilatih BPS dan mendatangi setiap lingkungan permukiman penduduk untuk mendata penduduk yang belum melakukan sensus secara online.

"Petugas sensus mendatangi setiap komplek atau perumahan warga untuk melakukan pendataan didampingi oleh Ketua RT. Namun, warga yang didata hanya yang belum melakukan sensus secara online," katanya. 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020