Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan H Sukamta mengatakan,  di Kabupaten Tanah Laut ada sekitar 80 BUMDes, tetapi yang bisa memberikan sumbangan pendapatan paling besar untuk desa adalah BUMDes Berkah Mulia.

Menurut dia, kenyataan itu menunjukkan BUMDes Berkah Mulia secara bisnis sudah bekerja dengan baik.

"Saya juga mengucapkan terimakasih kepada perusahaan-perusahaan yang telah berpartisipasi memberikan pelajaran kepada BUMDes Berkah Mulia,  sehingga BUMDes tersebut bisa menghasilkan keuntungan,"ucapnya pada acara laporan pertanggungjawaban tutup buku BUMDes Berkah Mulia tahun 2019,  di Gedung Serbaguna Desa Bukit Mulia, Kecamatan Kintap, Rabu (12/2).

Sukamta berharap, kedepannya BUMDes Berkah Mulia  menjadi pilar pendapatan dari desa.

"Tentu banyak unit - unit pekerjaan yang bisa diberikan kepada BUMDes untuk sebagai pelaksana," tutur Sukamta.

Bahkan, bupati  memimpikan BUMDes kedepan mampu menjadi Perseroan Terbatas (PT), sehingga  BUMDes bisa mengambil salah satu unit pekerjaan yang ada di perusahaan sekitar.

Semantara, Pelaksana Operasional BUMDesa Berkah Mulia Zaenal Arifin menjelaskan,  BUMDes Berkah Mulia didirikan pada tanggal 1 Oktober 2016.

Tujuan didirikannya lembaga tersebut, jelas dia, untuk meningkatkan usaha ekonomi desa, mewadahi pelaku ekonomi desa dalam usaha bersama yang produktif, mengoptimalkan aset desa agar bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, terang dia, melindungi masyarakat dari mata rantai perdagangan yang tidak sehat dan tidak berpihak pada masyarakat serta meningkatkan pendapatan masyarakat dan pendapatan asli desa (PAD) berdasarkan hasil usaha bersama.

Dijelaskannya, BUMDes Berkah Mulia memiliki 8 unit usaha, yakni diantaranya unit usaha kebun sereh wangi, unit usaha agen BNI-46, unit usaha pengelolaan air bersih (KP-SPAM PAMSIMAS), unit usaha pengelolaan pasar desa, unit usaha peternakan kambing, unit usaha jasa konstruksi, unit usaha kandang ayam petelur dan unit usaha keramba ikan.

Lebih lanjut dia mengungkapkan , terkait rencana unit usaha baru BUMDesa Berkah Mulia kedepannya yaitu pihaknya berkeinginan memiliki unit usaha pengolahan karet setengah jadi, unit usaha agen BRILink, unit usaha nursery dan buah segar, unit usaha konveksi pakaian, unit usaha katering dan unit usaha fotokopi serta ATK.

Pada kesempatan tersebut juga turut diserahkan sisa hasil usaha dana sosial BUMDes Berkah Mulia berupa paket sembako kepada para warga Desa Bukit Mulia, pembagian sisa hasil usaha (SHU) untuk pendapatan asli desa, bonus pelaksana operasional dan bonus pengawas.
Bupati Tanah Laut H Sukamta menyerahkan paket sembako kepada warga Desa Bukit Mulia, di Gedung Serbaguna Desa Bukit Mulia, Kecamatan Kintap, Rabu (12/2).Foto:Antaranews Kalsel/Humas Tanah Laut.


 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2020